Kampung Safety Riding Pandean Lamper Masuk Nominasi Ajang Lurah Hebat

Selasa, 14 Januari 2020 - 06:00 WIB
Kampung Safety Riding Pandean Lamper Masuk Nominasi Ajang Lurah Hebat
Tim Safety Riding Astra Motor Jateng memberi pengarahan mengenai keselamatan berkendara sebelum praktik cornering dan plank challenge untuk melihat keseimbangan berkendara. Foto/DOK. Astra Motor Jateng
A A A
SEMARANG - Kampung Safety Riding di Kelurahan Pandean Lamper, Semarang menarik perhatian di ajang Lurah Hebat yang diinisiasi Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi. Kelurahan Pandean Lamper masuk nominasi 10 besar dengan program unggulan Kampung Safety Riding.

Kampung Safety Riding Pandean Lamper merupakan kampung safety riding pertama di Indonesia dan telah menjadi kampung binaan Main Dealer Astra Motor Jateng sejak 2010. Bahkan, kampung ini telah tercatat rekornya di MURI pada 2015 sebagai Kampung yang Membudayakan Keamanan dan Keselamatan dalam berkendara (Kampung Safety Riding) Pertama di Indonesia.

Safety Riding Supervisor Astra Motor Jateng, Oke Desiyanto mengatakan, dukungan dan pendampingan yang diberikan oleh Astra Motor Jateng dilakukan secara konsisten sejak awal dibentuk. "Minimal sekali dalam sebulan, kami dari tim Safety Riding Astra Motor Jateng memberi pelatihan keselamatan berkendara untuk anak usia dini serta pelatihan SIM C bagi para warga Pandean Lamper yang membutuhkan pendampingan," kata Oke Desiyanto dalam siaran pers, Senin (13/1/2020).

Pihaknya ke depan akan terus mengkaji bentuk pendampingan yang bisa diberikan bedasarkan kebutuhan dan permintaan warga. Sementara dalam rangkaian penilaian Lurah Hebat, Kelurahan Pandean Lamper mengadakan kegiatan warga berupa senam, jalan sehat, servis murah, bazaar Usaha Kecil Menengah (UKM), sosialisasi dan praktik safety riding.

Selain itu, juga edukasi keselamatan berkendara untuk anak. "Kami warga Pandean Lamper merasa bangga saat mendengar kabar kalau kami masuk di nominasi 10 besar," kata Lurah Pandean Lamper, Mohamad Tavip.

Pihaknya berharap Kampung Safety Riding sebagai program andalan dapat membuat Kelurahan Pandean Lamper sebagai menang. Kampung Safety Honda dilengkapi berbagai fasilitas seperti jalur pejalan kaki (jalur hijau), marka jalan, rambu-rambu lalu lintas, dan petunjuk saran untuk orang tua, serta Taman Lalu Lintas yang diperuntukkan untuk memberikan pelatihan mengenai safety riding kepada anak-anak sejak usia dini.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1821 seconds (0.1#10.140)