Diguyur Hujan, Fondasi Jembatan Penghubung di Weleri Kendal Ambles

Senin, 13 Januari 2020 - 16:17 WIB
Diguyur Hujan, Fondasi Jembatan Penghubung di Weleri Kendal Ambles
Fondasi jembatan penghubung Desa Nawangsari dan Desa Sumberagung, Kecamatan Weleri, Kendal ambles dan miring lantaran diguyur hujan, Senin (13/1/2020). FOTO/iNews/EDDIE PRAYITNO
A A A
KENDAL - Fondasi jembatan penghubung Desa Nawangsari dan Desa Sumberagung, Kecamatan Weleri, Kendal ambles dan miring lantaran diguyur hujan dalam beberapa waktu terakhir. Warga menutup jembatan sepanjang 60 meter dan lebar 150 cm itu demi keselamatan pengguna jalan.

Berdasarkan pantauan di lapangan, fondasi jembatan ini ambles sekitar 1 meter. Akibatnya, jembatan miring dan membahayakan keselamatan pengguna jalan. Dengan kondisi seperti itu, jembatan akhirnya ditutup dan tidak boleh dilintasi kendaraan. Bagi yang ingin ke lain desa maka harus memutar 3 kilometer.

"Fondasi ambles pukul 03.00 dini hari WIB (Senin, 13/1/2020) karena hujan turun dari Minggu (12/1/2020) sore. Terdengar suara gemuruh, ternyata fondasi jembatan ambles dan longsor sebagian," kata warga Desa Nawangsari, Rodiyah, Senin (13/1/2020).

Kepala Desa Nawangsari, Ali Ridho mengatakan, jembatan tersebut sudah pernah diperbaiki. Namun karena kondisi tanah dan kontruksi jembatan yang tidak mampu menahan beban maka jembatan kembali ambles.

"Tahun lalu jembatan ini sempat putus akibat banjir tapi oleh Pemkab Kendal sudah diperbaiki dengan menambah tiang penyangga menggunakan besi," katanya.

Ali berharap pemerintah bisa segera memperbaiki jembatan dan dibuat lebih kuat lagi. Pasalnya jembatan tersebut berdekatan dengan jembatan kereta api, sehingga mungkin getarannya lebih besar.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.0210 seconds (0.1#10.140)