Tanamkan Nasionalisme, SMP Joannes Bosco Yogya Pentaskan Hamukti Palapa

Sabtu, 09 Februari 2019 - 17:45 WIB
Tanamkan Nasionalisme, SMP Joannes Bosco Yogya Pentaskan Hamukti Palapa
Ratusan siswa SMP Joannes Bosco Yogyakarta terlibat dalam pentas seni Hamukti Palapa di Taman Budaya Yogyakarta (TBY), Sabtu (9/2/2019). FOTO/SINDOnews/PRIYO SETYAWAN
A A A
YOGYAKARTA - SMP Joannes Bosco Yogyakarta menggelar pentas seni Hamukti Palapa di Taman Budaya Yogyakarta (TBY), Sabtu (9/2/2019). Pentas seni yang melibatkan 250 siswa-siswi kelas VII-IX bertujuan mengembangkan bakat dan potensi yang dimiliki siswa.

Kepala SMP Joannes Bosco Yogyakarta Asterina Septiyani mengatakan, tema tahun ini mengangkat kejayaan Majapahit dengan patih Gadjah Mada. Menurutnya, Gadjah Mada merupakan tokoh revolusioner yang telah memikirkan kesatuan Majapahit sebagai awal mula Nusantara. Lewat tema Ini berharap siswa memiliki rasa nasionalisme dan mengutamakan kesatuan negara Indonesia yang telah diperjuangkan dari dulu.

"Jadi pentas seni ini juga untuk mengenalkan integritas dan semangat nasionalisme yang tinggi kepada para siswa," kata Asterina dalam sambutannya.

Asterina menjelaskan, pentas seni ini merupakan agenda besar sekolah yang mengolaborasikan kemampuan siswa dalam olah pikir dan olah rasa, yang dikemas dalam sajian teatrikal.

"Kegiatan ini sekaligus untuk membina kreativitas dan menggali serta mengasah potensi siswa. Sehingga otak kanan dan kiri siswa ada keseimbangan, bukan hanya akademis tapi juga seni," ujarnya.

Plt Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Yogyakarta, Budhi Santoso Asrori menyambut baik pentas seni ini sebagai pembinaan dan pengembangan jati diri siswa dari aspek karakter. Menurutnya, pendidikan karakter sangat penting dalam pendidikan.

"Selain berkarakter dan juga pintar, kegiatan ini tentunya juga sarana mengoptimalkan sekaligus mengembangkan potensi siswa dengan baik," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9034 seconds (0.1#10.140)