Iran Tangkap Dubes Inggris Karena Diduga Organisir Aksi Demonstrasi

Minggu, 12 Januari 2020 - 15:44 WIB
Iran Tangkap Dubes Inggris Karena Diduga Organisir Aksi Demonstrasi
Iran dilaporkan menangkap Duta Besar Inggris di Teheran, Rob Macaire, karena diduga turut mengorganisir aksi demonstrasi mengecam tragedi jatuhnya pesawat Ukraina. Foto/Istimewa
A A A
TEHERAN - Duta Besar Inggris di Teheran, Rob Macaire ditangkap aparat keamanan Iran. Diplomat senior Inggris itu ditangkap karena diduga turut mengorganisir aksi demonstrasi mengecam tragedi jatuhnya pesawat Ukraina.

Menurut laporan media Iran, Tasnim, seperti dilansir Al Arabiya pada Minggu (12/1/2020), Macaire diduga hadir saat aksi demonstrasi di depan Universitas Amir Kabir di Teheran, kemarin dan kemudian ditangkap.

Macaire dibebaskan beberapa jam kemudian setelah upaya mediasi oleh Kementerian Luar Negeri Iran. Tapi, menurut laporan Tasnim, dia akan dipanggil kembali untuk penyelidikan lebih lanjut.

Inggris sejatinya telah mengurangi staf di Kedutaan Besarnya di Iran dan Irak ke tingkat minimum setelah serangan Amerika Serikat (AS) yang menewaskan komandan militer Iran, Qassem Soleimani.

Seperti diketahui, warga Iran marah pada pemerintah karena dianggap menutupi kebenaran tentang tragedi pesawat Ukraina.

Iran mengakui pesawat penumpang itu ditembak jatuh oleh rudal secara tidak sengaja setelah serangan rudal Iran pada target AS di Irak. Otoritas menyatakan pertahanan udara Iran menembak secara salah saat siaga tinggi setelah serangan ke Irak itu.

Banyak warga Iran mempertanyakan mengapa otoritas tidak menutup bandara Teheran dan ruang udara Iran saat mereka waspada atas pembalasan setelah serangan rudal itu.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1575 seconds (0.1#10.140)