Habib Luthfi Berikan Julukan Syeh Kepada Ustaz Abdul Somad

Sabtu, 09 Februari 2019 - 14:30 WIB
Habib Luthfi Berikan Julukan Syeh Kepada Ustaz Abdul Somad
Ustaz Abdul Somad ketika berkunjung ke Habib Luthfi bin Yahya di Pekalongan, Jumat (8/2/2019). FOTO/IST
A A A
PEKALONGAN - Ulama kharismatik Habib Luthfi bin Yahya memberikan panggilan terhormat kepada dai kondang Ustaz Abdul Somad (UAS). Julukan Syeh diberikan kepada Abdul Somad saat berkunjung ke Pekalongan, Jumat (8/2/2019).

UAS beserta rombongan di antaranya Ustaz Arif Hasanul Muna, Ustaz Afifudin Jombang menemui Maulana Habib Luthfi bin Yahya di Studio (Radio). Pertemuan berlangsung sekitar satu jam.

"Selain silaturrahmi, UAS juga baiat Thariqah (tarekat). Beliau menyampaikan kepada Habib Luthfi, sebelumnya sudah baiat Thariqah Qadiriyah dan Satariyah," kata Ahmad Tsauri, dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dalam keterangan tertulisnya. (Baca Juga: Gelar Habib dan Sejarahnya di Indonesia)

Habib Luthfi Berikan Julukan Syeh Kepada Ustaz Abdul Somad


Habib Luthfi meminta UAS agar memilih antara dua tarekat itu yang bisa diamalkan secara intens. Habib Luthfi menganjurkan Thariqat Satariyah kecuali jika ada wasiat (dari tarikat sebelumnya) untuk mengamalkan salah satu dari keduanya. Ternyata benar ada wasiat, akhirnya UAS memilih Thariqat Qadiriyah dan Habib Luthfi pun membaiatnya.

Pada kesempatan itu, UAS memperlihatkan lembaran silsilah Thariqah Satariyah yang dia simpan dalam sebuah map. Habib Luthfi mengecek sanad, ada tiga nama yang dikoreksi oleh beliau.

Kemudian menambahkan keterangan bahwa sanad Thariqah Qadiriyah tertua memang di Kota Medan, Sumatera Utara. Wajar saja jika UAS berbaiat di sana pertama kali.

Dalam pertemuan itu UAS tampak sedikit bicara, lebih banyak menyimak dengan menundukkan badan. Maulana dan UAS dari awal hingga akhir berkomunikasi dengan bahasa Arab.

Habib Luthfi menyampaikan strategi dakwah untuk memperkuat Ahlul Sunnah wal Jamaah. Habib berharap kepada UAS untuk memajukan Nahdlatul Ulama ke depan.

Maulana Habib Luthfi mengatakan sekarang panggilannya Syekh. Lengkapnya Syekh Abdul Somad Batubara karena gelar ustadz sudah terlalu lumrah. Setelah pertemuan dan baiat itu, UAS pun berpamitan dengan memeluk erat Habib Luthfi bin Yahya.

Habib Luthfi Berikan Julukan Syeh Kepada Ustaz Abdul Somad
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1736 seconds (0.1#10.140)