Sehat Mana, Telur Utuh atau Putih Telur ?

Minggu, 12 Januari 2020 - 08:43 WIB
Sehat Mana, Telur Utuh atau Putih Telur ?
Mana yang lebih sehat antara telur utuh atau putih telur? Ini menjadi pertanyaan yang sulit dan tidak mudah menjawabnya. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Bagi penggemar telur, hal ini wajib diketahui. Mana yang paling sehat, putih telur? Ini pertanyaan abadi dan tidak ada jawaban yang mudah. Sementara, beberapa mengatakan bahwa putih telur jauh lebih sehat, tapi banyak yang mempertanyakan kebijaksanaannya.

Nilai gizi telur bisa sangat bervariasi, tergantung apakah seseorang memiliki telur utuh atau hanya putih telur. Putih atau bening, cairan kental yang mengelilingi kuning kuning telur, terdiri dari sekitar 90 persen air dan 10 persen protein.

Tapi, sebelum Anda memutuskan untuk menjawab, seperti dilansir The Indian Express, ahli gizi Lovneet Batra menunjukkan perbedaan antara keduanya.

Telur utuh tidak hanya kaya akan vitamin dan mineral, tetapi juga cenderung tinggi protein dan kalori. Di sisi lain, putih telur cenderung rendah vitamin, tinggi protein dan rendah kalori.

Inilah yang perlu Anda perhatikan; walaupun seluruh telur menghasilkan lebih banyak protein bagi tubuh, mereka cenderung menghasilkan lebih banyak kalori.

Protein dalam putih telur juga dianggap sebagai protein lengkap berkualitas tinggi yang berarti mengandung semua sembilan asam amino esensial dalam jumlah yang dibutuhkan tubuh.

Makan telur utuh juga dikaitkan dengan rasa kenyang dan membantu Anda mengonsumsi lebih sedikit kalori. Telur utuh juga dikenal lebih bermanfaat secara nutrisi dibandingkan dengan putih telur.

Mendapatkan cukup protein dalam makanan juga penting untuk menjaga dan membangun otot, terutama jika seseorang mencoba menurunkan berat badan. Mempertimbangkan hal ini, dapat dikatakan bahwa putih telur adalah pilihan yang lebih baik bagi mereka yang memperhatikan berat badan.

Putih telur bisa menjadi pilihan yang menarik bagi orang-orang yang memiliki kebutuhan protein tinggi, tetapi perlu memperhatikan asupan kalori, seperti atlet atau binaragawan.

Sementara, semua kolesterol dan lemak dalam telur ditemukan dalam kuning telur, putih telur diketahui tidak mengandung lemak atau kolesterol. Keduanya juga tidak mengandung karbohidrat atau gula.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.7658 seconds (0.1#10.140)