Xiaomi dan OnePlus Duduki Peringkat Atas Ponsel yang Memancarkan Radiasi Tinggi

Sabtu, 09 Februari 2019 - 13:32 WIB
Xiaomi dan OnePlus Duduki Peringkat Atas Ponsel yang Memancarkan Radiasi Tinggi
Daftar smartphone yang memancarkan radiasi tinggi yang dirilis oleh Statista berdasarkan penelitian terakhirnya. Foto/Istimewa
A A A
BEIJING - Xiaomi dan OnePlus menduduki peringkat atas ponsel yang memancarkan radiasi tinggi. Dikutip dari laman Giz China, Jumat (8/2/2019), sesuai penelitian oleh Statista, Xiaomi Mi A1 hadir dengan nilai SAR tertinggi.

Ini berarti perangkat memancarkan radiasi terbanyak. Laporan terperinci memiliki sekitar 16 ponsel yang terdaftar dalam urutan nilai SAR-nya dari tinggi ke rendah.

Sebagian besar smartphone merupakan perangkat listrik yang tidak berbahaya, tapi memiliki aspek yang berpotensi membahayakan kesehatan penggunanya dalam jangka panjang. Bahaya yang dimaksud di sini adalah radiasi.

Tingkat radiasi dalam toleransi yang dipancarkan oleh semua ponsel pintar direpresentasikan dalam nilai SAR yang biasanya ditemukan pada kemasan perangkat ritel.

Dalam daftar di atas, terlihat Xiaomi Mi Ai adalah yang tertinggi dengan 1,73 (nilai dalam watt per kg) dan diikuti oleh OnePlus 5T pada 1,63. Mi Max 3 ada di posisi nomor tiga dengan 1,58, dan OnePlus 6T secara mengejutkan berada di posisi keempat pada 1,55.

Berita baiknya, sebut Giz China, sebagian besar smartphone baru berada di urutan paling bawah. Perlu dicatat, tidak ada panduan universal untuk tingkat radiasi yang aman.

Tetapi sertifikasi Jerman untuk keramahan lingkungan hanya mengizinkan ponsel dengan nilai SAR 0,60 atau kurang dari itu. Hal demikian menempatkan setiap ponsel pada daftar tersebut berada di zona merah atau berbahaya.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 5.0055 seconds (0.1#10.140)