IKA UNS Salurkan Bantuan kepada Korban Banjir di Bekasi dan Lebak

Sabtu, 11 Januari 2020 - 18:00 WIB
IKA UNS Salurkan Bantuan kepada Korban Banjir di Bekasi dan Lebak
IKA UNS Surakarta menyalurkan bantuan kepada masyarakat terdampak banjir di Kabupaten Lebak, Banten dan Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (11/1/2020). FOTO/DOK.HUMAS UNS
A A A
SOLO - Sebagai bentuk kepedulian, Ikatan Keluarga Alumni Universitas Sebelas Maret (IKA UNS) Surakarta menyalurkan bantuan kepada masyarakat terdampak banjir yang terjadi pada 1 Januari 2020 lalu.

Bantuan dalam kegiatan "Alumni UNS Peduli Banjir" ini diberikan kepada masyarakat terdampak banjir di Kabupaten Lebak, Banten dan Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (11/1/2020).

Bantuan berupa makanan pokok, obat-obatan, dan kebutuhan lainnya. Dalam kegiatan ini UNS juga menerjunkan TIM SAR UNS di Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor.

Penyaluran bantuan kemanusiaan ini sudah menjadi agenda rutin IKA UNS. Pada 2016 dan 2018, IKA UNS juga menyalurkan bantuan di sejumlah titik berdampak banjir di wilayah Jabodetabek. Bantuan serupa juga diberikan saat terjadi musibah gempa bumi di Lombok dan Palu.

"Kami berharap bantuan ini bisa membantu meringankan penderitaan masyarakat," kata Ketua Umum IKA UNS, Budi Harto dalam siaran persnya, Sabtu (11/1/2020).

Sementara itu, Rektor UNS Prof Jamal Wiwoho dalam sambutan pelepasan rombongan bantuan, mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian alumni dan UNS. "Kami mengirim tim terbaik. Semoga membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak banjir," kata Prof Jamal.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNS, Prof Kuncoro Diharjo menambahkan, Tim SAR UNS ini didampingi satu dokter, satu bidan, dan tiga perawat. "Mereka sudah memiliki pengalaman rescue di luar dan dalam negeri, seperti di Palu dan Lombok," kata Prof Kuncoro yang juga Ketua Tim SAR UNS ini. Tim akan melakukan pemetaan sekaligus membantu penanganan korban selama 10 hari.

Ketua Alumni UNS Peduli Banjir, Heri Sosiawan menambahkan, masyarakat yang menerima bantuan di Kabupaten Bekasi meliputi Kecamatan Sukawangi dan Tambun Utara. Bantuan di Kecamatan Sukawangi dipusatkan di Desa Sukamekar. Sedangkan bantuan di Kecamatan Tambun Utara dipusatkan di Desa Sriamur. "Kita fokus di dua desa yang terparah," ujar Heri.

Adapun bantuan untuk Lebak, Banten diberikan kepada masyarakat di sembilan desa di Kecamatan Sajira ditambah satu desa di Kecamatan Cimarga. "Kami juga memberikan bantuan kepada masyarakat Desa Cimarga yang berdampingan dengan desa di Kecamatan Sajira," kata Heri.

Bantuan sebanyak 1.800 paket kebutuhan pokok ini berasal dari alumni UNS yang tersebar di seluruh Indonesia. Selain itu, diberikan pula makanan bayi, obat-obatan, alat memasak seperti kompor dan tabung, hingga perlengkapan mandi dan cuci.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9789 seconds (0.1#10.140)