alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Miliki Ganja, Sopir Mobil Rental Diringkus Polres Salatiga

Angga Rosa
Miliki Ganja, Sopir Mobil Rental Diringkus Polres Salatiga
Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono memeriksa tersangka kasus narkoba dan barang buktinya satu bungkus ganja saat gelar perkara di mapolres setempat. Foto/SINDOnews/Angga Rosa

SALATIGA - Jajaran Satres Narkoba Polres Salatiga mengungkap peredaran narkotika jenis ganja dan menangkap pelakunya. Tersangka adalah Kornelius Dwi Krisnawan (27), warga Sukosari RT 02 RW 02 Cebongan, Argomulyo.

Selain menangkap lelaki yang bekerja sebagai sopir mobil rental ini, polisi juga menyita beberapa barang bukti. Antara lain daun ganja kering seberat 2,24 gram, satu pak kertas cigarette, dan satu telepon seluler yang digunakan untuk sarana transaksi barang haram itu.

Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono mengatakan, pengungkapan kasus ini berawal dari laporan masyarakat yang menyampaikan salah satu kamar rumah kos di Jalan Kartini II/178 RT 08/RW 03 Sidorejo Lor, Sidorejo sering digunakan untuk pesta narkoba. Selanjutnya, tim Sat Res Narkoba melakukan penyelidikan dan menangkap tersangka.



"Dari hasil penggeledahan saat penangkapan, ditemukan barang bukti ganja kering. Selanjutnya, tersangka diamankan untuk diproses sesuai hukum yang berlaku," katanya, Sabtu (11/1/2020).

Menurut Kapolres, tersangka mendapatkan barang dari temannya. Dia membeli barang haram tersebut dengan cara memesan secara online melalui media sosial. Setelah terjadi kesepakatan, mereka kemudian bertemu di tempat yang telah ditentukan untuk transaksi. "Kasus ini masih dalam pengembangan. Bandarnya masih kami buru," ujar Kapolres.

Kapolres menyatakan, perbuatan tersangka melangar Pasal 111 ayat (1) subider Pasal 127 ayat (1) huruf a Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. "Tersangka terancam hukuman penjara paling singkat 4 tahun, paling lama 12 tahun dan pidana denda paling sedikit Rp800 juta, paling banyak Rp8 miliar," katanya.

Sementara itu, tersangka Dwi Krisnawan mengaku membeli satu paket ganja kering seharga Rp100.000. "Saya beli dari teman melalui Facebook. Setelah ada kesepakatan, baru ketemuan untuk bayar dan ambil barang," ucapnya.



(amm)