alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Tingkatkan Personel TNI, KASAD Jalin Kerja Sama dengan UGM

Ahmad Antoni
Tingkatkan Personel TNI, KASAD Jalin Kerja Sama dengan UGM
KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa bersama Rektor UGM Prof Panut Mulyono menandatangani Perjanjian Kerjasama Penyelenggaraan Pendidikan Pasca Sarjana antara TNI AD dengan UGM, di Gedung Rektorat UGM, Yogyakarta, Jumat (10/01/2020). Foto Dok/Pendam IV/Dipon

YOGYAKARTA - Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa bersama Rektor Universitas Gajah Mada (UGM) Prof Panut Mulyono menandatangani Perjanjian Kerja Sama Penyelenggaraan Pendidikan Pascasarjana antara TNI AD dengan UGM di Gedung Rektorat UGM, Yogyakarta, Jumat (10/01/2020).

Kasad menjelaskan, penandatanganan kerja sama ini untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal bagi anggota TNI AD. "Ini untuk meningkatkan kualitas pendidikan mulai dari program S2 maupun S3 bagi prajurit TNI AD, baik Perwira, Bintara, dan Tamtama yang memenuhi syarat," kata Andika.

Menurutnya, peningkatan kualitas SDM di Angkatan Darat sudah menjadi kebutuhan yang sangat mendesak. Sudah waktunya Indonesia memerlukan prajurit Perwira, Bintara, dan Tamtama yang punya wawasan lebih bagus. Sebab, kompleksitas dalam tugas semakin meningkat.



"Program ini bermula dari percakapan dan diskusi dengan bapak Rektor UGM kemudian kita tindak-lanjuti, dan kita jadikan kerja sama, sehingga program ini akan dimulai pada semester sekarang, pada bulan Februari ini akan kita mulai, terang orang nomor satu di TNI AD," ungkapnya.

Pihaknya sudah menyebarkan program Pasca Sarjana ini keseluruh satuan TNI AD di seluruh Indonesia. Saat ini terdapat 70 personel yang berminat untuk mengikuti program ini, dan setelah mengikuti seleksi sebanyak 46 orang dinyatakan lulus dengan pangkat terendah berpangkat Sersan Satu dan tertinggi berpangkat Letnan Jenderal.

"Dari ke 46 personel tersebut, empat di antaranya mengikuti program S-3 dan 42 orang mengikuti program S-2. Ini menunjukkan minat yang bagus dan spektrumnya juga bagus untuk masa depan," kata KASAD bangga.

Dia juga menerangkan bahwa untuk biaya kuliah nantinya 75% akan dibayar oleh dinas dan 25% dibebankan kepada yang bersangkutan. KASAD berharap kerja sama TNI AD dengan UGM akan semakin bagus dan semakin banyak Perwira, Bintara dan Tamtama Angkatan Darat, sehingga kualitas SDM semakin meningkat.

Sementara itu, Rektor UGM Prof Panut Mulyono mengatakan kami akan melaksanakan dan mendidik anggota TNI AD ini, dan ini merupakan komitmen yang luar biasa dari bapak Kasad untuk menambah ilmu pengetahuan personel TNI AD.

"UGM tentu menyambut baik dan berusaha sebaik-baiknya sehingga lulusan UGM termasuk yang dari TNI AD nantinya menjadi alumni UGM yang berpengetahuan tinggi yang mampu melaksanakan tugas-tugas kedinasannya dan juga kemasyarakatan dengan baik," kata Panut.

Pihaknya, ingin agar anggota TNI AD itu sangat kuat di bidang-bidang keilmuan, tidak hanya di persenjataan, tetapi juga wawasan sosial, teknologi, dan pengetahuan masa kini yang dapat berubah begitu cepat.

Sementara, turut mendampingi Kasad dalam penandatanganan kerjasama dengan UGM, Pangdam IV/Dip. Mayjen TNI Mochamad Effendi, Aspers Kasad Mayjen TNI Heri Wiranto, Asrena Kasad Mayjen TNI Hasanudin, dan Aster Kasad Mayjen TNI Bhakti Agus Fajari serta Danrem 072/Pmk Brigjen TNI Muhammad Zamroni.

Sedangjan Rektor UGM didampingi oleh Wakil Rektor Bidang Kerja sama dan Alumni Paripurna dan Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Pengajaran dan Kemahasiswaan Djagal Wiseso Marseno beserta para dekan.



(amm)