Ini Sejumlah Pesawat Sipil yang Ditembak Jatuh Rudal

Jum'at, 10 Januari 2020 - 13:07 WIB
Ini Sejumlah Pesawat Sipil yang Ditembak Jatuh Rudal
Kerabat awak pesawat Boeing 737-800 Ukraine International Airlines yang jatuh di Iran, berduka di sebuah tanda peringatan di Bandara Internasional Boryspil di pinggiran Kiev, Ukraina, 8 Januari 2020. Foto/REUTERS
A A A
PARIS - Jatuhnya pesawat Boeing 737-800 Ukraine International Airlines PS752 di pinggiran Teheran, diduga akibat rudal. Inggris dan Kanada mengatakan mereka telah menerima informasi yang menyatakan pesawat pembawa 176 orang itu dihantam oleh rudal Iran. Tak ada yang selamat dari tragedi tersebut.

Terlepas dari benar tidaknya rudal Iran yang menjatuhkan pesawat Ukraina, insiden jatuhnya pesawat sipil akibat tembakan rudal telah terjadi selama empat dekade terakhir. SINDOnews.com mengutip data AFP, Jumat (10/1/2020), merinci data pesawat-pesawat sipil yang ditembak jatuh oleh rudal dari masa ke masa

17 Juli 2014
Penerbangan Malaysia Airlines MH17 ditembak jatuh oleh sebuah rudal di Ukraina timur yang dikuasai pemberontak ketika dalam perjalanan ke Kuala Lumpur dari Amsterdam. Sebanyak 298 orang di dalam pesawat tipe Boeing 777 itu terbunuh, termasuk beberapa warga negara Indonesia.

Pihak berwenang Kiev dan pemberontak separatis pro-Rusia, saling tuduh sebagai pelaku serangan rudal yang menjatuhkan penerbangan.

23 Maret 2007
Sebuah pesawat kargo Ilyushin II-76 milik maskapai Belarusia ditembak jatuh oleh roket tak lama setelah lepas landas dari ibu kota Somalia, Mogadishu, dan menewaskan 11 orang.

Pesawat itu mengangkut para insinyur dan teknisi Belarusia yang telah melakukan perjalanan ke negara itu untuk memperbaiki pesawat lain yang terkena rudal dua minggu sebelumnya.

4 Oktober 2001
Sebanyak 78 orang yang sebagian besar warga Israel, terbunuh ketika Sibir Tupolev-154 Rusia meledak di atas Laut Hitam. Insiden terjadi ketika pesawat terbang dari Tel Aviv ke Novosibirsk.

Kecelakaan itu terjadi kurang dari 300 kilometer dari pantai Crimea. Seminggu kemudian, Kiev mengakui bahwa bencana itu disebabkan oleh penembakan rudal Ukraina secara tidak sengaja.

3 Juli 1988
Sebuah pesawat Airbus A-300 milik Iran Air yang terbang dari Bandar Abbas, Iran, ke Dubai, Uni Emirat Arab, ditembak jatuh oleh dua rudal di perairan teritorial Iran di Teluk Persia tak lama setelah tinggal landas.

Dua rudal itu ditembakkan dari fregat Amerika Serikat (AS) yang berpatroli di Selat Hormuz. Kru kapal AS mengira pesawat itu adalah pesawat tempur. Sebanyak 290 penumpang di dalamnya tewas. Amerika Serikat membayar Iran sebesar USD101,8 juta sebagai kompensasi.

1 September 1983
Pesawat Boeing 747 milik Korea Air yang berbasis di Korea Selatan ditembak jatuh oleh jet-jet tempur Soviet di Pulau Sakhalin, setelah berbelok keluar jalur. Sekitar 269 penumpang dan anggota kru tewas. Pejabat Soviet mengakui lima hari kemudian bahwa mereka telah menembak jatuh pesawat Korea Selatan tersebut.

21 Februari 1973
Pesawat Arab Saudi tipe Boeing 727 yang terbang dari Tripoli ke Kairo ditembak jatuh oleh pesawat tempur Israel di atas gurun Sinai. Semuanya kecuali empat dari 112 orang di dalam pesawat tewas.

Angkatan udara Israel melakukan intervensi setelah Boeing menerbangkan fasilitas militer di Sinai, yang kala itu diduduki oleh Israel. Pihak berwenang Israel mengatakan jet-jet tempurnya melepaskan tembakan ketika pesawat menolak untuk mendarat.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.9074 seconds (0.1#10.140)