alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Polimarin Buka Pendaftaran Taruna Jalur Prestasi lewat SNMPN

Ahmad Antoni
Polimarin Buka Pendaftaran Taruna Jalur Prestasi lewat SNMPN
Aktivitas pendidikan di Polimarin Semarang. Polimarin mulai membuka jalur SNMPN pada 6 Januari-6 Maret 2020. FOTO : Dok Polimarin Semarang

SEMARANG - Politeknik Maritim Negeri Indonesia (Polimarin) Semarang mulai membuka penerimaan taruna jalur prestasi melalui Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) pada 6 Januari hingga 6 Maret 2020 mendatang. Sedangkan pengumuman SNMPN akan dilakukan pada 28 Maret 2020.

Polimarin yang tergabung dalam 43 politeknik negeri di seluruh Indonesia ini menargetkan penerimaan dari jalur tersebut sebanyak 20 persen dari kuota 200-an taruna-taruni di tahun ajaran baru nanti.

Direktur Polimarin, Sri Tutie Rahayu menjelaskan bahwa SNMPN ini menggantikan jalur Penulusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri (PMDK PN) yang sebelumnya diterapkan pada tahun lalu. Dia menyebutkan pada jalur PMDK PN tahun 2019 lalu, terdapat 1.300-an pendaftar dan hanya diterima 40 taruna-taruni.



Kuota untuk SNMPN tahun ini hanya 20 persen dari total taruna-taruni di tahun ajaran baru nanti. Hal ini berbeda dengan sistem PMDK tahun lalu yang ada sebanyak 30 persen dari total penerimaan mahasiswa baru di Polimarin, terangTutie saat ditemui SINDOnews di ruang kerjanya, Kamis (9/1/2020).

Dia menerangkan, untuk kriteria pelajar SMA/SMK yang bisa mengikuti jalur ini yakni harus mendapat peringkat 10 besar sekolah dan mendapat undangan dari Polimarin. “Selain seleksi administrasi, nantinya calon taruna-taruni wajib mengikuti tes kesehatan, psikotes, tes kesamaptaan, dan tes wawancara,” imbuhnya.

Menurutnya, untuk tes kesehatan dan kesamaptaan sangat penting karena taruna-taruni wajib melalui tes serupa saat sudah praktik di kapal.

Seleksi untuk SNMPN ini juga akan diperketat. Karena kami ingin mencari kualitas dari pelajar berprestasi ini. Sebab selama ini taruna-taruni dari jalur PMDK yang paling banyak diterima kerja ataupun berlanjut sekolah di Jerman, tandas Tutie.

Dari 43 politeknik yang bersama menggelar jalur SNMPN ini, Polimarin menjadi satu-satunya politeknik yang berada di bidang maritim.Polimarin memiliki tiga jurusan yang selama ini menjadi pilihan yakni Nautika, Teknika, dan Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhan (KPN).

Kami juga akan menambah dua program studi (prodi) lagi yakni Logistik dan Mekatronika Kapal. Saat ini sudah disusun dan kami siapkan. Jika tahun lalu kami menerima sekitar 130-150 taruna taruni, dengan adanya penambahan prodi ini kemungkinan kami akan menerima 200-an mahasiswa baru, jelasnya.

Sementara setelah SNMPN, Polimarin akan membuka pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN) pada 12 Mei hingga 11 Juni 2020. “Ujian seleksi di jalur ini akan dilaksanakan pada 13 Juni dan pengumumannya pada 20 Juni 2020,” pungkasnya.



(nun)