Jalan Tertimbun Longsor di Banjarnegara Sudah Bisa Dilalui Kendaraan

Kamis, 09 Januari 2020 - 18:10 WIB
Jalan Tertimbun Longsor di Banjarnegara Sudah Bisa Dilalui Kendaraan
Tim gabungan membersihkan jalan antar-Kabupaten Banjarnegara-Pekalongan yang tertimbun longsor dengan alat berat. Sore ini jalan sudah bisa dilalui kendaraan. FOTO/DOK.BPBD BANJARNEGARA
A A A
BANJARNEGARA - Jalan provinsi di Desa Slatri, Kecamatan Karangkobar, Banjarnegara, Kamis (9/1/2020) sore, sudah bisa dilewati, baik kendaraan roda dua maupun roda empat. Tanah longsor yang menimbun jalan telah berhasil dibersihkan dengan menggunakan alat berat selama empat jam.

Sebelumnya, akses jalan penghubung Banjarmangu-Karangkobar sekaligus jalan antar-Kabupaten Banjarnegara-Pekalongan itu tertutup lantaran tertimbun longsor. Tebing setinggi 20 meter longsor sehingga menimbun jalan setinggi 5 meter dan panjang 14 meter.

Ketua pelaksana harian BPBD Banjarnegara, Arief Rahman mengatakan, pembersihan material longsor dilakukan oleh tim gabungan BPBD Banjarnegara, TNI, Polri, PMI, Destana, dan pihak swasta Baru Bangkit sebagai penyedia alat berat. (Baca Juga: 4 Alat Berat Dikerahkan Buka Jalan Tertimbun Longsor di Banjarnegara)

"Dengan penanganan cepat, jalan saat ini sudah bisa dilewati, baik kendaraan roda dua atau roda empat. Kendaraan yang sebelumnya harus memutar saat ini bisa kembali lewat arah Banjarnegara Karangkobar," kata Arief.

Meski jalan sudah bisa dilewati, BPBD Banjarnegara mengimbau kepada pengendara untuk waspada karena kondisi longsor susulan bisa saja terjadi dan material tanah yang berguguran mengakibatkan jalan aspal licin.

"Kami imbau kepada warga dan pengendara untuk tetap waspada meski jalan sudah bisa dilewati. Kondisi tebing yang labil dan tingginya curah hujan bisa mengakibatkan longsor susulan. Jika hujan lebih dari 5 jam, baiknya menjauhi tebing dan daerah rawan tanah gerak," kata Arief.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1945 seconds (0.1#10.140)