Korem Pamungkas Simulasi Pengamanan Pemilu melalui Tactical Floor Game

Jum'at, 08 Februari 2019 - 19:50 WIB
Korem Pamungkas Simulasi Pengamanan Pemilu melalui Tactical Floor Game
Korem 072/Pamungkas bersama instansi terkait saat melaksanakan simulasi Technical Floor Game (TFG) di ruang Bima kompleks Balai Kota Pemkot Yogyakarta, Jumat (8/2/2019). FOTO/SINDOnews/PRIYO SETYAWAN
A A A
YOGYAKARTA - Korem 072/Pamungkas Yogyakarta menggelar simulasi pengamanan pemilihan umum ( Pemilu ) dalam bentuk Tactical Floor Game (TFG) di ruang Bima kompleks Balai Kota Pemkot Yogyakarta, Jumat (8/2/2019). Sebanyak 75 personel dari unsur TNI -Polri dilibatkan dalam simulasi ini.

Kegiatan tersebut mensimulasikan sejumlah permasalahan yang kemungkinan dapat muncul dalam pemilu. Seperti jika terjadi perusakan alat peraga, maka setiap personel dapat mengatasinya. Kemudian permasalahan yang melibatkan massa dalam jumlah besar, ada mekanisme perbantuan TNI ke Polri yang digambarkan dalam simulasi peta.

Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Muhammad Zamroni mengatakan, kegiatan ini untuk membekali petugas agar dapat melaksanakan tugasnya secara optimal dalam pengamanan pemilu. Selain itu juga untuk memantapkan koordinasi antarinstansi dalam menghadapi setiap permasalahan yang
timbul selama masa kampaye, saat pelaksanaan dan paska Pemilu. Diharapkan kesiapan semua instansi akan semakin mantap, karena telah mendapatkan gambaran secara menyeluruh tentang siapa berbuat apa dalam pelaksanaan di lapangan.

"Dengan demikian semua personel yang terlibat dalam pengamanan pemilu dapat mengetahui dan memahami peran dan tugas pokoknya sebagai petugas pengamanan," kata Muhammad Zamroni dalam sambutannya yang dibacakan Kasrem 072/Pamungkas Kolonel Kav Puji Setiono. Saat kegiatan tersebut.

Kepala Penerangan Korem (Kapenrem) 072/Pamungkas Yogyakarta, Mayor Arm Mespan Haryadi menambahkan simulasi ini diperlukan agar setiap personel yang terlibat bisa melakukan langkah-langkah antisipasi jika muncul hal-hal yang tak diinginkan selama pelaksanaan tahapan pemilu.

Terutama koordinasi antarpimpinan kesatuan baik TNI-Polri yang juga disimulasikan dalam kegiatan tersebut. "Hasil dari simulasi ini akan dilanjutkan simulasi pengamanan di luar ruangan. Rencananya simulasi tersebut akan dilakukan pekan depan. Untuk simulasi luar ruangan akan melibatkan sekitar 400-an personel," kata Mespan.

Kasi Operasi Korem 072/Pamungkas Yogyakarta Kolonel Inf Heri Setiono mengatakan untuk pengamanan pemilu 2019 ini, TNI menyiagakan 1.000 personel. Mereka ditempatkan di seluruh wilayah Kedu-DIY. Pasalnya, dalam pelaksanaan pemilu ini semua wilayah Korem 072/Pamungkas
dianggap sebagai daerah rawan.

"Makanya kami tidak menetapkan satu daerah atau dua daerah ini dan itu yang rawan, tapi semuanya," paparnya. (Baca Juga: Awasi Netralitas TNI, POM Kodam Diponegoro Operasi Gaktib dan Yustisi)
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9338 seconds (0.1#10.140)