Trump Sesumbar Rudal AS Besar, Kuat, Akurat dan Mematikan

Kamis, 09 Januari 2020 - 07:36 WIB
Trump Sesumbar Rudal AS Besar, Kuat, Akurat dan Mematikan
Presiden Donald Trump sampaikan sambutan tentang serangan rudal Iran terhadap dua pangkalan militer Amerika Serikat di Irak, Rabu (8/1/2020). Foto/REUTERS/Kevin Lamarque
A A A
WASHINGTON - Usai Iran meluncurkan serangan balas dendam terhadap dua pangkalan militer Amerika Serikat (AS) di Irak, Presiden Donald Trump akhirnya menyampaikan pidato yang ditunggu-tunggu.

Serangan 15 misil Teheran saat kedua negara di ambang perang ini semakin memicu kekhawatiran masyarakat internasional bahwa konflik bisa mendorong Perang Dunia (PD) III.

Dalam pidatonya Gedung Putih menjelang Kamis (9/1/2020) dini hari WIB, Trump menarik ancamannya untuk menyerang Teheran lebih lanjut. Dia juga menggambarkan Teheran telah mundur dan hal itu, menurutnya, merupakan hal yang baik bagi semua pihak.

Kendati demikian, dia tetap memperingatkan konsekuensi yang akan dirasakan negara para Mullah itu jika berkonflik dengan Amerika.

"Rudal kami besar, kuat, akurat, mematikan, dan cepat. Fakta bahwa kami memiliki militer dan peralatan hebat ini, tidak berarti kita harus menggunakannya," katanya.

Trump, bagaimanapun, tetap berjanji akan menjatuhkan sanksi ekonomi baru terhadap Republik Islam Iran, di samping serentetan sanksi yang sudah diberlakukan sejak AS menarik diri dari Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA) atau kesepakatan nuklir Iran 2015 pada tahun 2018.

"Sanksi yang kuat ini akan tetap (dijatuhkan)," katanya, seperti dikutip Russia Today. "Sampai Iran mengubah perilakunya."
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3135 seconds (0.1#10.140)