alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Sungai Babakan Meluap, Lima Desa di Brebes Terendam Banjir

INews.id
Sungai Babakan Meluap, Lima Desa di Brebes Terendam Banjir
Lima desa di Kabupaten Brebes terendam banjir setelah Sungai Babakan meluap, Rabu (8/1/2020) sore. FOTO/iNews/ISTIMEWA

BREBES - Lima desa di Kecamatan Ketanggungan, Brebes terendam banjir akibat Sungai Babakan meluap setelah hujan deras mengguyur pada Rabu (8/1/2020) sore. Tujuh rumah warga rusak akibat banjir tersebut. Sementara warga juga sempat mengungsi ke Markas Koramil Ketanggung lantaran ketinggian air yang mencapai 50-150 cm.

Dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Brebes, tujuh rumah warga yang rusak berada di RT 14 dan 15 RW 3, Desa Cikeusal. Di RT 14, rumah rusak berat milik Rohim (40), sedangkan rumah Waren (70), Carwikan (75), dan Wanudin (50) rusak ringan.

Sedangkan di RT 14, ada tiga rumah yang rusak yakni milik Taryamah (80), Imam Karmudi (60), dan Ruminah (70).



Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi (Kapusdatinkom) BNPB, Agus Wibowo mengatakan, banjir bandang yg terjadi bersumber dari limpasan Sungai Babakan yang melintas dari Cikeusal Kidul, Cikeusal Lor dan Ketanggungan.

"Saat ini genangan tinggal di Dusun Ketanggungan, itu pun sudah mulai surut. Kemudian limpasan dari Sungai Cibesole melintas di Sindangjaya dan Pamedaran, sudah surut sejak 3 jam lalu,” kata Agus Wibowo dalam keterangan tertulisnya, Rabu (8/1/2020) malam.

Dia mengatakan, dari laporan BPBD Brebes banjir bandang tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. BPBD, TNI, Polri, SAR, relawan dan lainnya sudah di lapangan untuk mengevakuasi dan penyelamatan warga terdampak banjir bandang.

Banjir bandang yang melanda daerah itu hanya beberapa jam setelah TNI dan relawan memperbaiki dan penebalan tanggul Sungai Babakan, Kecamatan Ketanggungan.

Dua hari sebelumnya, Senin (6/1/2020), banjir menggenangi sejumlah ruas jalan dan permukiman warga akibat limpasan Sungai Babakan di wilayah Ketanggungan.

Puluhan rumah di dua pedukuhan di Desa Cikeusal Lor yaitu Dukuh Babakan dan Campur, mengalami dampak lebih dibandingkan tempat lainnya.

Danramil 15 Ketanggungan, Kodim 0713 Brebes, Kapten Infanteri Sugeng Wiratno mengatakan, wilayah tersebut sudah menjadi langganan banjir jika debit air Sungai Babakan meluap.

"Banjir lewat ini sudah sering terjadi kurang lebih lima tahun ke belakang, akibat dari limpasan air Sungai Babakan yang melewati tanggul," ucapnya.



(amm)