Tiga Tanah Longsor Landa Batang, Pemkab Siaga Bencana

Rabu, 08 Januari 2020 - 22:01 WIB
Tiga Tanah Longsor  Landa Batang, Pemkab Siaga Bencana
Pemkab Batang mengggelar Apel Kesiapsiagaan Penanganan Bencana Alam, Rabu (8/1/2020). FOTO/Dok.Humas Pemkab Batang
A A A
BATANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batang menggelar Apel Kesiapsiagaan Penanganan Bencana Alam, Rabu (8/1/2020). Apel diikuti oleh pasukan gabungan dari TNI, Polri, BPBD, Ormas serta berbagai sarana dan prasarana pendukung operasi SAR.

Bupati Batang Wihaji mengatakan, musim penghujan di Tanah Air sering kali diiringi dengan berbagai peristiwa bencana hidrometeorologi. "Bencana tersebut terkait dengan perubahan cuaca dan curah hujan. Mulai dari angin ribut, banjir hingga longsor, dan bencana tersebut sudah terjadi di Batang," kata Wihaji saat memimpin apel kesiapsiagaan.

Bupati juga mengapresiasi TNI dan Polri bersama relawan yang cepat, sigap, dan tanggap dalam membantu bencana di berbagai desa di Kabupaten Batang. "Apel merupakan bagian dari kesiapsiagaan kita dalam mitigasi maupun penanggulangan bencana secara formal. Akan tetapi ada bencana maupun tidak, relawan tetap siaga dan siap," katanya.

Wihaji menyebutkan, ada beberapa titik rawan bencana di Kabupaten Batang. Seperti bencana banjir di wilayah Batang pantura dan tanah longsor wilayah Batang selatan. "Saya harap bencana yang sudah terjadi di Batang tidak terjadi lagi. Oleh karena itu agar terhindar dari bencana kita harus bersahabat dengan alam, jaga lingkungan dan jangan buang sampah sembarangan," katanya.

Sekretaris BPBD Kabupaten Batang, Slamet Maktub mengatakan, pihaknya sudah melakukan pemetaan tugas relawan ketika terjadi bencana di masing-masing Kecamatan. "Sesuai dengan SK Bupati Batang mulai tanggal 1 Januari sampai dengan 31 Maret 2020, masing-masing kecamatan membuka posko bencana 24 jam," kata Slamet.

Adapun potensi kerawanan bencana di Kabupaten Batang, seperti daerah atas atau Batang Selatan potensi bencana longsor yakni kecamatan Bawang, Blado, Reban, Limpung dan Bandar. "Kalau potensi bencana banjir di wilayah Batang kota, Kecamatan Tulis, Kandeman, Gringsing, Subah dan Banyuputih," katanya.

Di musim penghujan tahun 2020, kejadian bencana yang sudah masuk dalam data BPBD ada tiga bencana alam seperti banjir dan longsor. "Bencana longsor terjadi di Desa Purbo, Desa Pranten, Kecamatan Bawang, Desa Gringgingsari Kecamatan Wonotunggal, Desa Wanar Tersono, Desa Ngadirejo Kecamatan Reban, yang sementara ini belum ada korban," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.7040 seconds (0.1#10.140)