Angkasa Pura 1 Resmikan Restroom di Kebun Binatang Jurug Solo

Rabu, 08 Januari 2020 - 15:00 WIB
Angkasa Pura 1 Resmikan Restroom di Kebun Binatang Jurug  Solo
Direktur SDM dan Umum PT Angkasa Pura 1 Adi Nugroho bersama Kota Solo Achmad Purnomo saat peresmian restroom di Kebun Binatang Jurug, Rabu (8/1/2020). Foto: SINDOnews/Ary Wahyu Wibowo
A A A
SOLO - PT Angkasa Pura 1 meresmikan public restroom di Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) , Solo, Rabu (8/1/2020). Restroom yang dibangun di area kebun binatang yang ada di pinggiran Sungai Bengawan Solo, merupakan satu dari enam titik yang dibangun Angkasa Pura 1.

Direktur SDM dan Umum PT Angkasa Pura 1 Adi Nugroho mengatakan, pembangunan restroom merupakan program nasional dan di Kota Solo ditempatkan di Kebun Binatang Jurug. Pihaknya berharap dengan restroom yang memadai dan bagus, memberikan kesan bagus kepada para pengunjung. Restroom yang disediakan, terdapat toilet pria, toilet perempuan, toilet untuk difabel dan ruang laktasi.

“Dengan toilet seperti ini, image tempat pariwisata yang ada di Solo juga ikut naik,” kata Adi Nugroho usai meresmikan public restroom di Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) , Solo Rabu (8/1/2020).

Dengan image parawisata di Solo naik, harapannya berdampak terhadap jumlah kunjungan melalui Bandara Adi Soemarmo Solo. Selain di Kota Solo, restroom juga didirikan di Yogyakarta, Kupang, Makassar, Manado, dan Bali. Pembangunan restroom dilakukan serentak dan kini sudah jadi semua, dan dibeberapa tempat juga sudah beroperasi. Untuk satu restroom yang dibangun dengan dana CSR, anggarannya sekitar Rp650 juta. Dengan enam restroom yang dibangun, maka total anggarannya sekitar Rp3 miliar. Toilet menjadi perhatian karena sangat penting, terutama di bidang pariwisata.

Kualitas restroom yang dibangun seperti hotel bintang lima. Perawatan restroom menjadi perhatian setelah dioperasionalkan. PT Angkasa Pura 1 tetap akan memonitor perawatannya dan jangan sampai tidak bagus. Sebab di restroom juga terpampang nama PT Angkasa Pura 1.

“Kalau nggak bagus perawatannya nanti Angkasa Pura juga jelek. Sehingga perlu kami monitor,” paparnya. Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo mengatakan, toilet umum yang dibangun Angkasa Pura 1 sangat bagus.

Pihaknya berharap PT Angkasa Pura 1 dapat membangunkan lagi restroom restroom di tempat wisata lainnya di Kota Solo. “Banyak tempatnya, misalnya di Taman Sriwedari, Jalan Slamet Riyadi saat car free day banyak masyarakat yang membutuhkan, dan Taman Balaikambang,” kata Achmad Purnomo.

Diakuinya, banyak tempat tempat di Kota Solo yang membutuhkan toilet umum yang kualitasnya baik. Dirinya juga meminta agar pengelola TSTJ dapat mengelola restroom yang telah dibangun sebagaimana harapan PT Angkasa Pura 1.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.6613 seconds (0.1#10.140)