Pemerintah Akan Bangun SKPT di Natuna Utara untuk Fasilitasi Nelayan

Rabu, 08 Januari 2020 - 14:31 WIB
Pemerintah Akan Bangun SKPT di Natuna Utara untuk Fasilitasi Nelayan
Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo dan jajarannya mengunjungi Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) Natuna di Selat Lampa, Kepulauan Riau, Selasa (7/1/2020). Foto/Dok KKP
A A A
JAKARTA - Pemerintah berencana membangun sentra kelautan dan perikanan terpadu (SKPT) di Kepulauan Natuna bagian Utara. Adapun perairan Natuna Utara ini termasuk wilayah Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia.

Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) KKP Agus Suherman mengatakan, SKPT ini akan mengoptimalkan kinerja pemerintah.

"Kita mau rencanakan fasilitas bagi nelayan kita seperti pelabuhan di Natuna Utara. SKPT di bagian Natuna Selatan kan sudah ada, nanti untuk Utara akan dibangun juga. Itu lagi kita bahas bersama sehingga Natuna Utara bisa kita optimalkan sumber daya ikannya," ujar Agus di Jakarta, Rabu (8/1/2020).

Dia menjelaskan, pembangunan SKPT di Natuna Utara dimaksudkan sebagai fasilitas untuk nelayan, seperti pelabuhan, perumahan nelayan, fasilitas industri, cold storage, dan lainnya. "Sekarang perencanaan, paling 3-6 bulan. Ya nanti pada tahun 2021 tinggal pelaksanaan," jelasnya.

Menurut dia, SPKT ini terutama untuk fasilitas pelabuhan dan pertukaran perbekalan pasar ikan yang memang dibutuhkan oleh nelayan. Pihaknya juga menyebut bahwa Natuna Utara ini merupakan bagian yang saat ini sedang jadi polemik antara Indonesia dan China. "Ya benar di situ, di Natuna Utara," pungkasnya.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4081 seconds (0.1#10.140)