alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Cuaca Ekstrem, Pemkot Salatiga Siagakan Tim Tanggap Bencana

Angga Rosa
Cuaca Ekstrem, Pemkot Salatiga Siagakan Tim Tanggap Bencana
Pemkot Salatiga menyiagakan Tim Tanggap Bencana menyusul cuaca ekstrem yang kerap terjadi. FOTO/DOK.SINDOnews

SALATIGA - Pemkot Salatiga menyiagakan puluhan personel Tim Tanggap Bencana. Kebijakan ini dilakukan setelah memperhatikan kondisi cuaca yang cenderung ekstrem dan potensi bencana alam yang bisa terjadi sewaktu-waktu.

Kepala Dinas Satpol PP Kota Salatiga Yayat Nurhayat mengatakan, personel tanggap bencana disiagakan agar jika sewaktu-sewaktu terjadi bencana alam, Pemkot Salatiga bisa melakukan penanganan dengan cepat dan tepat. "Beberapa hari ke depan, intensitas hujan dengan disertai angin kencang diperkirakan cukup tinggi. Karena itu, kami harus melakukan langkah sejak dini untuk tanggap bencana," katanya, Selasa (7/1/2020).

Yayat mengimbau kepada masyarakat, terutama yang tinggal di daerah rawan bencana untuk meningkatkan kewaspadaan saat terjadi hujan deras. Warga diminta tidak beraktivitas di daerah rawan longsor dan berteduh di bawah pohon saat terjadi hujan deras disertai angin kencang.



"Hari ini Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Ahmad Yani Semarang memprediksi sejumlah wilayah di Jawa Tengah, termasuk Salatiga bakal diguyur hujan disertai petir dan angin kencang. Saya imbau masyarakat untuk waspada saat terjadi hujan deras," ujarnya.

Kota Salatiga memiliki riwayat bencana angin puting beliung yang mengakibatkan sejumlah wilayah di Kecamatan Sidorejo mengalami kerusakan. Selain itu, juga terjadi tanah longsor di beberapa tempat. Meski tidak ada korban jiwa pada saat bencana alam tersebut terjadi, tapin masyarakat perlu mewaspadai potensi bencana alam yang bisa terjadi di Salatiga.

Menurut Yayat, masyarakat juga harus memahami yang harus dilakukan saat berada di lokasi yang sedang turun hujan deras. Apabila sedang terjebak hujan deras disertai angin kencang di jalan, maka tidak boleh panik.

"Carilah tempat berteduh yang aman. Jangan di bawah baliho, pohon tempat yang berbahaya. Bagi yang sedang berada di dalam rumah, ketika terjadi hujan deras sebaiknya mematikan peralatan elektronik karena biasanya tegangan listrik naik turun. Ini untuk menghindari kerusakan alat elektronik," katanya.

Yayat meminta masyarakat segera menghubungi Tim Siaga Bencana Satpol PP Salatiga ketika terjadi bencana alam melalui telepon 0298322106. "Jika ada rumah, bangunan, jalan maupun lingkungan masyarakat yang tertimpa pohon tumbang segera hubungi Tim Siaga Bencana. Pelayanan gratis selama 24 jam," ucapnya.



(amm)