alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Waspada, Virus Baru Ancam Pengguna WhatsApp di Awal Tahun

Fikri Kurniawan
Waspada, Virus Baru Ancam Pengguna WhatsApp di Awal Tahun
Ilustrasi WhatsApp. FOTO/ Ist

JAKARTA - Hati-hati. Pengguna aplikasi WhatsApp dihebohkan dengan temuan virus terbaru. Virus bernama "New Year Virus" ini efektif memakan korban, karena muncul beriringan dengan perayaan tahun baru belum lama ini.

Virus ini bekerja dengan mengirimkan tautan pesan yang berkamuflase sebagai ucapan tahun baru. Kemudian, tautan itu menggiring orang yang membukanya ke web yang terjangkit virus yang membahayakan ponsel pintar dan PC.

Mengutip laman Gizchina, Senin (6/1/2020), New Year Virus dapat membuat perangkat yang terjangkit mendapatkan iklan yang invasif, serta pengambilan data pribadi atau membuat korbannya berlangganan sesuatu yang tidak penting.



Sebenarnya virus ini sangat mudah untuk dihindari. Namun, karena datang saat tahun baru, pengguna WhatsApp banyak yang menjadi korban karena mengira pesan yang dikirim adalah ucapan biasa.

Untuk itu, jika masih menemukan pesan serupa, alangkah baiknya untuk tidak membuka tautan yang dikirimkan. Sebab, penjahat siber tidak segan-segan untuk merugikan korbannya.



(nun)