Diguyur Hujan Deras, Rumah di Kendal Runtuh Terbawa Tanah Longsor

Senin, 06 Januari 2020 - 18:02 WIB
Diguyur Hujan Deras, Rumah di Kendal Runtuh Terbawa Tanah Longsor
Warga Desa Purbo, Kecamatan Bawang, Kabupaten Kendal sedang mengamati rumah yang runtuh terbawa tanah fondasi yang longsor. FOTO/iNews/EDDIE PRAYITNO
A A A
KENDAL - Separuh lebih bangunan rumah warga Desa Purbo, Kecamatan Bawang, Kabupaten Kendal tiba-tiba runtuh terbawa tanah fondasi yang longsor, Minggu (6/1/2020) malam. Material longsoran kemudian menimpa rumah di bawahnya dan mengakibatkan kerusakan ringan.

Rumah yang runtuh adalah milik Mesran, warga RT 2/RW 1 Desa Purbo. Sementara rumah di bawahnya yang terkena material longsor merupakan kepunyaan Mubaidi. Masih ada lima rumah lain di sekitar kejadian yang juga terancam longsor.

Mubaidi menuturkan, waktu itu hujan turun dengan intensitas tinggi. Dirinya bersama istri dan dua cucu tengah berada di dalam rumah. Tiba-tiba terdengar suara gemuruh atau retakan pada fondasi talud. Setelah dicek ternyata rumah di atasnya yang runtuh lantaran terbawa tanah longsor. "Longsoran tanah dan material bangunan rumah menimpa rumah kami yang berada di bawahnya," katanya, Senin (6/1/2020).

Sementara itu, Kepala Desa Purbo Syamsul Huda membenarkan bahwa hujan deras turun dan tak lama setelah itu terjadi longsor. Akibatnya rumah milik salah satu warganya rusak terbawa longsoran tanah. Kerugian material ditaksir mencapai Rp70 juta.

"Faktor alam memang sangat mendukung terjadinya gerakan tanah saat musim hujan, sehingga peristiwa bencana alam tersebut bisa mengancam 5 rumah yang berada persis di bawahnya," katanya.

Pembersihan sisa material longsoran masih menunggu tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Batang dan relawan lainnya dari TNI/Polri. Sntuk sementara pemilik rumah yang rusak akibat terkena longsor mengungsi ke rumah tetangganya yang aman.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9749 seconds (0.1#10.140)