Pemilihan Ketua RW di Turi Sragen Digelar seperti Pilkada

Minggu, 05 Januari 2020 - 21:30 WIB
Pemilihan Ketua RW di Turi Sragen Digelar seperti Pilkada
Warga RW 11 Kampung Turi, Kelurahan Sine, Kecamatan Sragen menggelar pemilihan langsung Ketua RW layaknya Pilkada, Minggu (5/1/2020). FOTO/iNews/JOKO PIROSO
A A A
SRAGEN - Beragam cara unik dilakukan masyarakat dalam berdemokrasi. Salah satunya ditunjukkan warga RW 11 Kampung Turi, Kelurahan Sine, Kecamatan Sragen. Mereka menggelar pemilihan langsung Ketua RW layaknya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Ketua panitia pemilihan, Hari Suriyanto menyampaikan, pemilihan Ketua RW ini untuk membangun iklim demokrasi yang sehat di lingkungan Kampung Turi ini. Terdapat empat calon yang mewakili masing-masing RT. Kemudian mereka menyerahkan visi misi secara tertulis.

"Panitia yang membacakan visi misinya untuk kampanye. Tapi kita kemas pemilihan ini sedetail mungkin seperti pilpres dan pilkada," kata Yanto, Minggu (5/1/2020).

Hari menyampaikan pelaksanaan sudah dimulai pukul 08.00 sampai 14.00 WIB. Antusiasme warga untuk memilih sangat tinggi. Baru pukul 11.00 WIB, sudah 90% dari 270 pemilih menggunakan hak pilihnya. Setelah pukul 14.00 WIB langsung dilakukan penghitungan suara.

"Kebetulan masa jabatan Ketua RW kami habis, terus kami komunikasikan dengan para RT dan setuju menggelar pemilihan langsung ini," katanya.

Sementara pemilu tingkat RW dilaksanakan bersamaan dengan even Pasar Kuno Mbah Demang Turi. Pasar tersebut menyediakan segala macam jajanan kuliner tradisional. Hingga pukul 12.00 WIB, sudah ada 8.000-an pengunjung.

Selain itu, juga ada pertunjukan tradisional seperti campursari dan reog ponorogo. Gelaran ini hanya dilakukan dalam momentum tertentu, sehingga bisa menarik wisata di Sragen. "Kita menggelar ini yang hadir dari luar kota juga banyak, seperti dari Sukoharjo, Ngawi, dan Rembang. Ingin menikmati jajanan tradisional," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0271 seconds (0.1#10.140)