Mendes Izinkan Dana Desa Dipakai untuk Penanganan Bencana

Minggu, 05 Januari 2020 - 18:30 WIB
Mendes Izinkan Dana Desa Dipakai untuk Penanganan Bencana
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar mempersilakan dana desa dipakai untuk penanggulangan bencana alam. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
BANTUL - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mempersilakan dana desa digunakan untuk penanggulangan bencana, utamanya untuk penyelamatan warga. Dana desa juga boleh dipakai untuk memperbaiki fasilitas umum yang rusak akibat bencana.

Menurut Mendes, penggunaan dana desa untuk penanggulangan dan penanganan bencana dibolehkan karena peraturan perundang-undangan mengizinkan hal tersebut.

"Dana desa yang telah digulirkan oleh pemerintah bisa digunakan untuk penanggulangan bencana karena peraturan perundangan mengizinkan hal tersebut dilakukan," katanya di sela-sela penutupan program “Sanggar Inovasi Desa” di Kampung Mataraman Sewon, Bantul, DIY, Minggu (5/1/2020).

Dia mengatakan, bencana banjir dan longsor yang terjadi di sejumlah daerah di Indonesia membuat beberapa fasilitas umum di perdesaan rusak. Bencana itu, juga merusak permukiman warga.

"Dari data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ada ribuan desa di Indonesia yang rawan terjadinya bencana alam. Untuk penanggulangan bencana itu, terutama untuk penyelamatan warga saat terjadi bencana bisa pakai dana desa," katanya.

Sementara itu, program Sanggar Inovasi Desa merupakan program pelatihan pemuda dari kabupaten se-Indonesia di bidang manajemen aparatur desa, kewirausahaan desa, dan potensi desa. Dalam angkatan pertama program ini diikuti oleh perwakilan pemuda dari 13 kabupaten.

Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar didampingi Wakil Bupati Bantul Abdul Halim Muslih menyempatkan diri mengikuti senam kebugaran bersama peserta program sanggar inovasi desa dan berlatih jemparingan atau memanah sasaran gaya mataraman sebelum menjadi narasumber dalam sarasehan yang digelar di joglo Kampung Mataraman.

Penutupan program sanggar inovasi desa anggatan pertama ini dengan menanda tangani piagam penghargaan bagi Kampung Mataraman sebagai penyelenggara angkatan pertama program sanggar inovasi desa.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0843 seconds (0.1#10.140)