Video Viral, Pengendara Rusak Motor di Depan Polisi Karena Ditilang

Kamis, 07 Februari 2019 - 14:52 WIB
Video Viral, Pengendara Rusak Motor di Depan Polisi Karena Ditilang
Penggalan video Adi rusak sepeda motornya di hadapan anggota polisi yang tengah menilangnya di BSD, Serpong, Tangsel. Foto/Instagram/videohitss
A A A
JAKARTA - Seorang pengendara sepeda motor mendadak naik pitam gara-gara ditilang polisi. Dia ngamuk dan melampiaskan kemarahannya dengan merusak motornya sendiri. Sementara polisi tetap terlihat kalem sambil mencatat di lembar kertas tilang terkait kesalahan yang dilakukan pria yang mengenakan kaus warna putih dan bawahan jins warna biru tersebut.

Dalam video berdurasi 1.13 tersebut, Adi mengamuk seraya menghancurkan sepeda motor Honda Scoopy dengan Nomor Polisi B 6395 GLW. Nyaris seluruh bodi plastik yang melapisi rangka motor dirusak dan dicopot. Bahkan, Adi sempat membanting lalu menimpa kendaraannya dengan batu besar dihadapan petugas.

Video aksi marah pria tersebut yang disaksikan sejumlah orang, termasuk seorang perempuan yang diduga teman perempuannya, viral di media sosial Instagram. Hingga kini, sudah lebih dari 38.000 viewer yang menontonnya.

Aksi tak terpuji dalam video berlangsung di depan Pasar Modern BSD, Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel), Kamis (7/2/2019) sekitar pukul 06.36 WIB. Ketika itu, petugas kepolisian memang tengah menggelar operasi penertiban bagi pengendara yang melawan arus.

Secara kebetulan Adi yang berboncengan dengan seorang wanita itu melintas melawan arus di lokasi. Karena tak mengenakan helm dan melawan arus, polisi pun lantas memberhentikannya sambil mengecek kelengkapan surat kendaraan.

"Jadi yang pertama, dia melawan arus, terus diberhentikan sama petugas. Enggak pakai helm juga, dan saat dicek surat-suratnya juga enggak dibawa. Kemudian langsung ditilang," terang Kasatlantas Polres Tangsel AKP Lalu Hedwin Hanggara.

Karena tak mau ditilang, Adi pun mengamuk. Dia tak merasa apa yang dilakukannya melanggar aturan berlalu lintas. Usai dihancurkan oleh pengendaranya sendiri, petugas langsung mengamankan sepeda motor itu ke Mapolres Tangsel.

"Sepeda motornya sudah kita amankan. Jadi pengendaranya nanti tinggal membawa surat-surat kendaraan untuk mengambilnya," jelas Hedwin.

Menurut Hedwin, pihaknya kini rutin menggelar operasi bagi pengendara yang melawan arus. Beberapa titik yang paling sering dilanggar itu berada di banyak tempat, di antaranya di putaran arah depan Pasar Modern BSD, Serpong. Lalu di bawah Flyover Ciputat, serta di lokasi-lokasi lain.

"Total pelanggar lawan arus itu sampai saat ini jumlahnya mencapai lebih dari 700-an pelanggar, dan kita tindak semua," katanya.

Pengamat psikolog forensik, Reza Indragiri Amriel menilai, apa yang terlihat dalam video tersebut bukan hanya masalah pelanggaran Undan-Undang Lalu Lintas.

"Di hadapan petugas saja, dia sampai tantrum seperti itu. Apalagi saat bergesekan dengan sesama pengguna jalan. Jangan-jangan si pengemudi adalah pengidap intermittent explosive disorder!," kata dosen Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK-PTIK) dalam pernyataan tertulisnya kepada SINDOnews, Kamis (7/2/2019).

Dikatakan Reza, melihat kelakuan si pengendara yang terlihat dalam rekaman video viral tersebut, polisi disarankan untuk tidak sekadar menilang surat-surat kendaraannya, tapi juga perlu membekukan Surat Izin Mengemudi (SIM) pengendara motor tersebut.

"Sepertinya SIM-nya perlu dibekukan sementara waktu. SIM bisa diaktifkan kembali hanya setelah dia menjalani konseling pengendalian amarah. Sanksi model begini perlu diterapkan sebagai pelengkap sanksi denda/tilang," katanya.

Di sisi lain, kata Reza, Polantas juga perlu diperkenalkan dengan kondisi kejiwaan road rage tersebut. Tujuannya adalah betapa pun tenangnya polantas, agar mereka selalu waspada terhadap kemungkinan serangan fisik dari pengemudi.

"Kita tentu tidak ingin menyaksikan adegan gara-gara tilang, malah polantas diangkut ambulan," katanya.

View this post on Instagram

Pagi ini ada insiden di depan Pasar Modern BSD, Tangerang Selatan. Tak terima ditilang karena tidak menggunakan helm, pria ini mengamuk merusak motornya sendiri . . .Follow @video_hitss Tekan, dan mention teman kamu untuk saling berbagi informasi menarik!! Yuk Follow juga @video_hitss @dagelanviral @say.video @sinema_arrt ya guys!! #videohits #dagelan #fakta #aceh #sulawesi #surabaya #kesehatan #medan #unik #bogor #jakarta #sumsel #faktaunik #gustiawan90 #padang #bekasi #makasar #bali #sumbar #info #bandung #inspirasi #trending #infomenarik #indonesia #jogja #lampung #makassar #hewan #kalimantan .

A post shared by Berita fakta & Hiburan (@video_hitss) on

(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0499 seconds (0.1#10.140)