Bandara Juanda Ditutup 3 jam, Penerbangan Dialihkan ke Adisutjipto

Kamis, 07 Februari 2019 - 12:11 WIB
Bandara Juanda Ditutup 3 jam, Penerbangan Dialihkan ke Adisutjipto
Bandara Juanda Surabaya ditutup tiga jam sejak pukul 09.00 WIB karena runway ada yang mengelupas dan berlubang. FOTO/iNews/PRAMONO PUTRA
A A A
SURABAYA - Bandara Juanda Surabaya, Jawa Timur ditutup tiga jam sejak pukul 09.00 WIB lantaran landasan pacu pesawat (runway) terkelupas dan berlubang, Kamis (7/2/2019). Akibatnya, sejumlah penerbangan domestik dan internasional dihentikan dan dialihkan ke beberapa bandara terdekat, salah satunya Bandara Adisutjipto Yogyakarta.

Selain ke bandara Yogyakarta, penerbangan juga dialihkan ke Bandara Ngurah Rai, Bali. Untuk penerbangan yang akan berangkat melalui Bandara Juanda untuk sementara mengalami Delay atau penundaan jam terbang sesuai instruksi penutupan bandara selama 3 jam.

Akibatnya, ratusan calon penumpang menumpuk. Tidak hanya di ruang chek-in dan boarding pesawat, penumpukan calon penumpang juga terjadi hingga memenuhi anjungan bandara.

Bandara Juanda Ditutup 3 jam, Penerbangan Dialihkan ke Adisutjipto


Penutupan Bandara Juanda terjadi mendadak, setelah pihak Angkasa Pura 1 Surabaya mendapat laporan dari pihak maskapai yang ditindaklanjuti dengan perbaikan runway.

"Ditutup sejak jam 9 pagi tadi sampe 3 jam," ungkap Emmi, petugas Costumer Service Angkasa Pura 1 Surabaya.

Hingga saat ini, pihak Angkasa Pura 1 Surabaya masih melakukan upaya perbaikan landasan pacu pesawat. Sementara waktu penutupan dimungkinkan bisa ditambah jika upaya perbaikan landasan pacu belum selesai hingga pukul 12.00 siang.

Sementara itu, General Manager Bandar Udara Internasional Juanda Heru Prasetyo meminta maaf atas ketidaknyamanan yang disebabkan oleh penutupan bandara.

"Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang disebabkan oleh penutupan sementara Bandara Juanda pagi ini, saat ini tim teknik kami secara cermat tengah melakukan perbaikan pada bagian landas pacu yang mengalami kerusakan sebagai komitmen kami terhadap keselamatan dan keamanan penerbangan," katanya.

PT Angkasa Pura I (Persero) saat ini telah berkoordinasi dengan seluruh stakeholder termasuk diantaranya maskapai penerbangan, ground handling dan Direktorat Navigasi Penerbangan (DNP) terkait penutupan sementara Bandara Internasional Juanda Surabaya.

Adapun beberapa penerbangan yang terkena dampak antara lain:
MaskapaiNomor PenerbanganRute Penerbangan
1. MALAYSIA AIRLINEMH871Kuala Lumpur - Surabaya
2 SRIWIJAYASJ555Taipei - Surabaya
3 GARUDAGA7306Surabaya - Jember
4 GARUDAGA449Surabaya - Cengkareng
5 GARUDAGA309Surabaya - Cengkareng
6 CITILINKQG714Cengkareng - Surabaya
7 CITILINKQG485Banjarmasin - Surabaya
8 CITILINKQG431Balikpapan - Surabaya
9 AIRASIAQZ321Kuala Lumpur - Surabaya
10 SCOOTTR264Singapura - Surabaya
11 SINGAPORE AIRLINESQ930Singapura - Surabaya
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.6036 seconds (0.1#10.140)