MRI-ACT Jateng Berangkatkan Relawan Bantu Korban Banjir Jakarta

Jum'at, 03 Januari 2020 - 23:00 WIB
MRI-ACT Jateng Berangkatkan Relawan Bantu Korban Banjir Jakarta
Sebanyak 10 relawan MRI-ACT Jateng dikirim membantu korban banjir di Jabodetabek, Jumat (3/1/2020). Foto/Dok Humas ACT Jateng
A A A
SEMARANG - Masyarakat Relawan Indonesia bersama Aksi Cepat Tanggap Jawa Tengah (MRI-ACT Jateng) memberikan bantuan kemanusiaan kepada korban bencana banjir di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Sebanyak 10 orang relawan diberangkatkan dari Semarang menuju Jakarta pada Jumat (3/1/2020).

"Karena Kurangnya jumlah regu relawan di Jakarta, tim MRI Jawa Tengah berinisiasi untuk membantu mengirimkan relawan dengan spesifikasi keahlian di bidang water rescue, vertical rescue, medis/ P3K, dan driver," kata Kepala Cabang ACT Jateng, Giyanto.

Selama sepekan ke depan, ACT akan mendirikan 14 induk posko wilayah yang masing-masing membawahi tiga induk posko daerah. Sebanyak 5 posko di Jakarta, 3 posko di Tangerang, 2 posko di Bekasi, 2 posko di Bogor, 1 posko di Depok, dan 1 posko di Karawang. "ACT mendirikan 56 posko sepekan ke depan," katanya.

Choirul Sani, salah satu relawan asal Semarang akan bertugas mengawal posko kemanusiaan di Jakarta. "Tergerak rasa kemanusiaan kami untuk membantu meringankan beban saudara tertimpa bencana. InsyaAllah siap menerima arahan pimpinan untuk mengawal manajemen posko maupun tugas lain yang diberikan," kata Sani.

Sani telah berpengalaman menjadi komandan posko pada bencana emergency gempa Palu, gempa Lombok, dan regu penyelamat pada emergency banjir Pacitan beberapa waktu lalu.

"Saya dan teman-teman relawan MRI sampai di Jakarta pada Jumat (3/1/2020) siang, dengan membawa pelampung dan peralatan rescue langsung terjun di titik-titik yang membutuhkan evakuasi," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.5296 seconds (0.1#10.140)