alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Gunungkidul Kembangkan Sport Tourism untuk Dongkrak Wisata Daerah

Suharjono
Gunungkidul Kembangkan Sport Tourism untuk Dongkrak Wisata Daerah
Dinas Pariwisata Gunungkidul menggelar Beach Camp & Run di Pantai Watu Kodok, beberapa waktu lalu. FOTO/Dok.Dispar Gunungkidul

GUNUNGKIDUL - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul mengembangkan konsep sport tourism untuk pariwisata di wilayahnya, terutama pantai. Konsep ini memadukan olahraga dengan wisata dalam satu kesatuan untuk menarik minat pengunjung.

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul Asti Wijayanti mengatakan, saat ini konsep pariwisata tidak bisa sekadarnya. Perlu juga dikembangkan konsep berwisata sambil berolahraga. "Salah satunya kita sudah mulai dengan konsep wisata olahraga seperti Beach Camp & Run yang sudah digelar beberapa waktu lalu," kata kepada SINDOnews, Jumat (3/1/2020).

Dalam konsep sport tourism tersebut, Dinas Pariwisata Gunungkidul berusaha menggabungkan olahraga lari serta berwisata menikmati pantai. Pantai Watu Kodok di Kemadang, Tanjungsari menjadi lokasi yang pas untuk kegiatan wisata olahraga.



"Kami puas karena peserta luar biasa antusias apalagi mereka langsung upload di Instagram mereka. Ini menjadi upaya promosi yang lain dari biasanya," katanya.

Kepala Bidang Pemasaran dan Bina Usaha Dinas Pariwisata Gunungkidul Yuni Hartini menambahkan, sport tourism merupakan pengembangan pariwisata yang diintegrasikan dengan hobi di masyarakat. Saat ini olahraga lari atau joging tengah menjadi tren, sehingga menjadi salah satu bidikan agenda pengenalan pariwisata.

"Kita berusaha menyatukan antara wisata pantai dan hobi bertualang lewat camping, kemudian lari. Agenda Beach Camp & Run ini akan terus kita kembangkan ke depan," katanya.



(amm)