Dukung Penghijauan, Dispertan Sumbang Bibit Tanaman ke Polres Salatiga

Jum'at, 03 Januari 2020 - 20:00 WIB
Dukung Penghijauan, Dispertan Sumbang Bibit Tanaman ke Polres Salatiga
Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono saat menerima bantuan bibit tanaman dari Dinas Pertanian di Mapolres Salatiga, Jumat (3/1/2020). Foto/Dok.Humas Polres Salatiga
A A A
SALATIGA - Dinas Pertanian (Dispertan) Kota Salatiga menyerahkan bantuan ratusan bibit tanaman kepada Polres Salatiga, Jumat (3/1/2020). Bantuan ini sebagai bentuk dukungan terhadap program penghijauan yang digalakan Kapolri Jenderal Pol Idham Azis.

Secara simbolis, bantuan diserahkan Kepala Dispertan Kota Salatiga Nunuk Dartini kepada Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono. Bibit akan ditanam di sejumlah tempat untuk menghijaukan wilayah hukum Polres Salatiga.

Nunuk menyatakan, bencana banjir yang terjadi di sejumlah daerah di Indonesia disebabkan oleh kerusakan alam dan berkurangnya jumlah pohon. Sebagian besar air hujan tidak meresap ke dalam tanah.

"Atas dasar iru, kami mendukung institusi polri yang saat ini sedang menggalakan program penghijauan dengan memberikan bantuan 300 bibit tanaman. Bibit tanaman yang serahkan, seluruhnya berjenis buah-buahan mulai dari bibit buah jambu kristal, durian, alpukat, kelengkeng, jeruk, dan sirsak," kata Nunuk di Mapolres Salatiga.

Selain untuk penghijauan, kata Nunuk, penyerahan bantuan bibit pohon ini sekaligus sebagai bentuk upaya menciptakan ketahanan pangan. Karenanya, apabila bibit buah yang ditanam nanti menghasilkan buah dapat dinikmati masyarakat.

"Bibit buah yang kami serahkan ini memiliki nilai ekonomi cukup tinggi. Misalnya buah jambu ketika berbuah harganya mencapai Rp20.000 per kilogram. Kemudian, durian cukup banyak peminat," ujarnya.

AKBP Gatot Hendro Hartono mengaku sangat terbantu dengan adanya kepedulian instansi Pemkot Salatiga yang turut serta mendukung program penghijauan lingkungan. "Di mana-mana sekarang lagi banjir. Jangan sampai Kota Salatiga yang kita cintai ini terjadi hal serupa. Untuk mencegah banjir, pada musim penghujan ini kami berencana melakukan penanaman pohon," ujar kapolres.

Selain mengoptimalkan penyerapan air, penanaman pohon juga dapat mencegah erosi tanah. "Meski Salatiga sejauh ini tergolong risiko bencana cukup rendah, tetapi beberapa wilayah mulai kekeringan ketika musim kemarau. Jika tidak ada upaya untuk melestarikan alam, maka kondisi saat musim kemarau akan semakin parah," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8537 seconds (0.1#10.140)