alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Buya Syafii Sebut Prof Yunahar Ilyas Usung Islam Tengah untuk Indonesia

Priyo Setyawan
Buya Syafii Sebut Prof Yunahar Ilyas Usung Islam Tengah untuk Indonesia
Buya Syafii Maarif memberikan keterangan tentang sosok Prof Yunahar Ilyas di Kantor PP Muhamamdiyah Yogyakarta, Jumat (3/1/2020). FOTO/SINDOnews/PRIYO SETYAWAN

YOGYAKARTA - Mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif mengatakan Prof Yunahar Ilyas memiliki kontribusi yang besar bagi bangsa Indonesia. Beliau bukan hanya menulis banyak buku, tapi juga mengusung Islam tengah yang sangat penting untuk masa depan Indonesia.

"Islam tengah ini, tidak ekstrem ke kanan dan kiri, berada di tengah menjadi wasit," kata tokoh nasional yang akrab disapa Buya ini saat takziah di Gedung PP Muhammadiyah, Yogyakarta, Jumat (3/1/2020).

Buya menjelaskan, hal lain yang bisa diteladani dari Prof Yunahar Ilyas adalah meski dalam keadaan sakit tapi masih aktif dan mengajar tafsir. Banyak tafsir yang ditulis menjadi buku. (Baca juga: Persiapan Cangkok Ginjal, Ketua PP Muhammadiyah Prof Yunahar Ilyas Wafat) 



Menurutnya, Muhammadiyah dalam waktu singkat kehilangan dua tokoh penting. Sebelumnya Prof Bahtiar Effendi di usia 61 tahun dan sekarang Prof Yunahar Ilyas di usia 63 tahun.

"Sebenarnya saat dirawat di PKU Muhammadiyah masih sadar dan saat dipindah ke Sardjito kena paru-paru. Saat kena paru-paru itu koma. Ini sudah takdir, kita tidak bisa apa-apa. Mari kita doakan saja," kata Buya.

Buya mengaku memiliki banyak kenangan bersama Prof Yunahar Ilyas. Namun dia enggan menceritakannya satu per satu. "Kenangan terlalu banyak, sebab dekat dengan beliau, tidak bisa diceritakan satu per satu," katanya.



(amm)