alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Polres Salatiga Bentuk Satgas Bencana

Angga Rosa
Polres Salatiga Bentuk Satgas Bencana
Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono mengatakan akan membentuk Satgas Bencana. Foto/Dok.SINDOnews

SALATIGA - Polres Salatiga membentuk Satuan Tugas khusus Penanganan Bencana. Langkah ini dilakukan untuk kesiapan dalam menghadapi bencana. Sebab kejadian bencana bisa terjadi sewaktu-sewaktu.

Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono mengatakan, kendati wilayah Kota Salatiga tergolong daerah dengan tingkat kejadian bencana alamnya rendah, tapi tetap harus ada kesiapan dan langkah antisipasi. Agar jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam, Polres Salatiga bisa melakukan penanganan dan tanggap darurat secara cepat.

"Satgas bencana beranggotakan 100 personel. Saya bersama Wakapolres yang kendalikan. Pelaksananya melalui Kabag Ops, beserta Kasat Sabhara, Binmas, dan Kasatreskrim," katanya, Jumat (3/1/2020).



Kapolres menyatakan, Satgas Bencana Polres Salatiga juga disiagakan untuk membantu penanganan bencana alam seperti banjir, tabah longsor, dan angin puting beliung di wilayah sekitar Kota Salatiga. Tim satgas bencana Polres Salatiga siap membantu proses tanggap darurat, evakuasi warga dan pengamanan daerah terdampak bencana alam.

"Apabila ada yang membutuhkan bantuan personel ketika terjadi bencana alam, satgas bencana Polres Salatiga siap membantu," ujarnya.

Menurut Kapolres, berdasarkan hasil pemetaan, beberapa daerah di Kota Salatiga memiliki potensi terjadinya bencana tanah longsor. Ini harus diantisipasi sejak dini.

"Sarana dan prasarana kebencanaan yang dimiliki Polres Salatiga sekarang sangat memadai seperti tenda pleton, senter guna pencarian korban termasuk unit K9 dan perahu. Selebihnya, anggota yang tergabung dalam satgas bencana juga sangat terlatih dan memiliki pengalaman dalam melakukan tugas di lapangan," katanya.



(amm)