alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Yunahar Ilyas Figur Ayah Inspiratif, Kasih Contoh dengan Tindakan

Priyo Setyawan
Yunahar Ilyas Figur Ayah Inspiratif, Kasih Contoh dengan Tindakan
Muhammad Hasnan Nahar anak ketiga almarhum Prof H Yunahar Ilyas saat menerima ucapan duka cita.FOTO :SINDOnews/Priyo Setyawan

YOGYAKARTA - Keluarga almarhum Prof Yunahar Ilyas yang meninggal di RSUP Sardjito Yogyakarta, Kamis (2/1/2020) pukul 23.47 WIB terlihat sangat berduka.

Meksi terlihat tegar namun raut muka kesedihan nampak terpancar dari istri dan anaknya serta kerabatnya. Isak tangis lirih terdengar dan air mata membahasi pipi mereka saat para takziah mengucapkan bela sungkawa.

Prof Yunahar Ilyas meninggal setelah menjalani perawatan intensif sejak 28 Oktober 2019 lalu di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta sebelum dipindahkan ke RSUP Sardjito 11 November 2020 untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut karena kondisi kesehatannya terus memburuk. Namun meski iktiar sudah dilakukan namun Allah berkehendak lain.



Muhammad Hasnan Nahar anak ketiga almarhum Prof H Yunahar Ilyas mengatakan ayahnya menderita sakit setelah lebaran dan harus opname di rumah sakit. Opname terakhir di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta tanggal 28 Oktober 2019 hingga 11 November 2019. Oleh dokter dirujuk ke RSUP Dr Sardjito. Tanggal 14 November kehilanggan kesadaran hingga akhir hayatnya tidak sadar diri.

Menurut Muhammad Hasnan Nahar, ayahnya sebenarnya akan melakukan persiapan cangkok ginjal di RSUP Dr Sardjito namun di tengah-tengah persiapan, paru-parunya juga bermasalah sehingga sebelum cangkok ginjal melakukan pengobatan intensif paru-paru.

"Ini cara Allah untuk mengurangi rasa sakit bapak," kata Muhammad Hasnan Nahar di sela-sela menerima petakziah di kantor PP Muhammadiyah Jalan Cik Ditiro Yogyakarta, Jumat (3/1/2020)

Almarhum Yunahar Ilyas sendiri dimata Muhammad Hasnan Nahar merupakan sosok tauladan bagi keluarga. Kata dan perbuatannya selaras dan dalam memberi contoh tidak dengan kata namun dengan perbuatan. "Itulah alasan kami memanggil Bapak Buya," terangnya.

Selain itu hidup ayahnya sudah dihibahkan untuk umat sehingga hampir seminggu banyak kegiatan di luar. "Meski begitu keluarga tetap senang dan bahagia. Di satu sisi tetap figur ayah di sisi lainya tokoh inspirasi bagi banyak pihak," ungkapnya.



(nun)