alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Libur Tahun Baru, 75.000 Wisatawan Padati Pantai di Gunungkidul

Suharjono
Libur Tahun Baru, 75.000 Wisatawan Padati Pantai di Gunungkidul
Kepadatan arus wisatawan menuju beberapa pantai di Gunungkidul pada 1 Januari 2020. FOTO/SINDOnews/SUHARJONO

GUNUNGKIDUL - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul mendapatkan penghasilan cukup besar pada libur Tahun Baru 2020. Dalam sehari, total pendapatan dari sektor pariwisata mencapai Rp609.316.300. 

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul Asti Wijayanti mengatakan, pada libur Tahun Baru 2020, total jumlah pengunjung pantai di Gunungkidul mencapai 75.063 orang. Pencapaian ini diharapkan menjadi awal yang baik, sehingga jumlah wisatawan ke Gunungkidul semakin banyak dan memberikan kontribusi pada Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Awal tahun menjadi semangat karena kita melihat bagaimana wisatawan berjubel masuk ke objek wisata pantai," katanya kepada SINDOnews, Kamis (2/1/2020).



Beberapa pantai di Gunungkidul saat ini menjadi primadona wisatawan. Di antaranya Pantai Baron, Kukup, Ngrawe, Sadranan serta Pulangsawal atau dikenal dengan Indrayanti.

Pada libur Tahun Baru 2020, Dinas Pariwisata mengerahkan semua personel untuk melayani wisatawan. Tidak ada pegawai Dinas Pariwisata yang libur tapi ikut membantu di pos retribusi. "Memang di pos-pos retribusi terjadi kemacetan. Karena memang padatnya arus menuju kawasan pantai," katanya.

Sepanjang 2019, retribusi wisata Kabupaten Gunungkidul mencapai Rp25,2 miliar.



(amm)