Tanggul Sungai Bodri Kendal Ambles, Ratusan Rumah Terancam Banjir

Kamis, 02 Januari 2020 - 17:05 WIB
Tanggul Sungai Bodri Kendal Ambles, Ratusan Rumah Terancam Banjir
Tanggul Kali Bodri, tepatnya di Desa Lanji, Kecamatan Patebon, Kendal ambles setelah diguyur hujan dalam tiga hari terakhir. FOTO/iNews/EDDIE PRAYITNO
A A A
KENDAL - Hujan yang terus mengguyur Kabupaten Kendal dalam tiga hari terakhir mengakibatkan tanggul Kali Bodri, tepatnya di Desa Lanji, Kecamatan Patebon, Kendal ambles. Ratusan rumah di sepanjang sungai terancam terendam banjir jika air meluap.

Ini adalah longsor kedua di lokasi tangggul yang sama. Namun tanggul yang longsor hanya di sisi barat yang mengarah ke aliran sungai, sementara tahun lalu titik longsor berada di sisi timur. Kini sduah diperbaiki dan dipasang bronjong sepanjang 80 meter.

Kepala Diinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Kendal, Sugiyono mengatakan, tanggul ambles awalnya hanya 17 meter. Namun hujan yang terus terjadi di akhir tahun mengakibatkan kondisi longsoran semakin parah dan meluas. "Panjang tanggung longsor 80 meter dengan kedalaman sekitar enam meter," katanya, Kamis (2/12/2020).

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kendal, Sigit Sulistyo mengatakan, pihaknya sudah berkordinasi dengan pemerintah desa untuk menyampaikan kepada warganya terkait antisipasi tanggul ambrol dan jebol.

"Selalu melihat kondisi tanggul sungai, apalagi saat hujan deras karena dikhawatirkan longsoran makin parah," kata Sigit Sulustyo.

Pemerintah Kabupaten Kendal akan berkordinasi dengan pemerintah propinsi jawa tengah dan pemerintah pusat karena kewenangan ada di dua instansi tersebut. Jika tidak segera ditangani, maka dua kecamatan yakni Patebon dan Kota Kendal terancam luapan sungai karena curah hujan masih tinggi.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1084 seconds (0.1#10.140)