Ini 10 Program Prioritas Pembangunan 2020 Pemkot Salatiga

Kamis, 02 Januari 2020 - 16:45 WIB
Ini 10 Program Prioritas Pembangunan 2020 Pemkot Salatiga
Wali Kota Salatiga Yuliyanto saat meluncurkan program awal 2020 Pemkot Salatiga di ruang Kaloka Kantor Setda, Kamis (2/1/2020). Foto/SINDOnews/Angga Rosa
A A A
SALATIGA - Pemkot Salatiga pada tahun anggaran 2020 menetapkan 10 program prioritas pembangunan. Program tersebut yakni, peningkatan kemantapan jalan dan jembatan, penataan kawasan strategis perkotaan, rehabilitasi jaringan dan pengairan yang rusak.

Kemudian, peningkatan pengawasan dan pengendalian pencemaran/perusakan lingkungan hidup, perbaikan sarana dan prasarana transportasi, penataan kawasan kumuh perkotaan, penyediaan sarana sanitasi dan air bersih, peningkatan kualitas pelayanan pendidikan dan kesehatan, pembangunan usaha perekonomian rakyat dan optimalisasi penanggulangan kemiskinan.

Wakil Wali Kota Salatiga Muh Haris menjelaskan, setidaknya ada 22 ruas jalan dan satu jembatan yang menjadi prioritas dalam program peningkatan kemantapan jalan dan jembatan. "Ini untuk memperbaiki kualitas jalan dan akses perekonomi masyarakat," kata Muh Haris saat memaparkan arah kebijakan Salatiga Hati Beriman yang Smart 2017-2022 pada sarasehan dan penyerahan Daftar Pelaksanaan Anggaran (DPA) 2020 masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di ruang Kaloka Kantor Setda Kota Salatiga, Kamis (2/1/2020).

Untuk penataan kawasan kumuh perkotaan, ada 11 titik yang akan ditata pada tahun anggaran 2020. Ke 11 kawasan kumuh tersebut tersebar di beberapa wilayah kelurahan. Pada program peningkatan kualitas pelayanan pendidikan dan kesehatan, Pemkot Salatiga akan membentuk dua sekolah inkluasi.

Adapun optimalisasi penanggulangan kemiskinan, Pemkot Salatiga akan fokus menurunkan angka kemiskinan melalui sejumlah program yang telah direncanakan.

"Angka kemiskinan Salatiga memang terbilang rendah, yakni sekitar 4,84%. Namun itu, manusia semua yang harus kita pikirkan bersama. Untuk itu, kami minta semua dinas yang terkait penanganan kemiskinan untuk bersama-sama membuat program peningkatan kesejahteraan masyarakat," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2736 seconds (0.1#10.140)