alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

UGM Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia Versi Webometric

Priyo Setyawan
UGM Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia Versi Webometric
Universitas Gadjah Mada (UGM) menempati urutan pertama peringkat perguruan tinggi di Indonesia versi Webometric 2019. FOTO/IST

YOGYAKARTA - Universitas Gadjah Mada (UGM) menempati urutan pertama peringkat perguruan tinggi di Indonesia versi Webometric 2019. Terbaik kedua ditempati Universitas Indonesia (UI) dan urutan ketiga Institut Teknologi Bandung (ITB).

"Untuk level Asia Tenggara UGM menempati urutan ke-157 dan dunia di urutan ke-844," kata Kepala Bidang Humas UGM Iva Ariani dalam siaran persnya yang diterima SINDOnews, Rabu  (6/2/2019).

Iva menjelaskan, selain menunjukkan capaian UGM dalam mendiseminasikan ilmu pengetahuan, informasi, serta karya-karya civitas akademika UGM. Prestasi ini sekaligus menjadi tantangan UGM untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi menjadi lebih baik lagi. Sehingga website UGM bisa menjadi jendela bagi masyarakat.



"Yang jelas hasil pemeringkatan ini merupakan prestasi yang membanggakan bagi UGM," katanya.

Sekretaris Direktur Sistem dan Sumber Daya Informasi (DSSDI) UGM, Triyogatama Wahyu Widodo menambahkan ada empat indikator penilaian Webometric, meliputi presence, impact, openness dan excellence. Dari empat indikator ini, impact yang paling besar bobotnya, yakni mencapai 50%.

"Ini menandakan website UGM banyak menjadi rujukan di website lain," katanya.



(AMM)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif