Rumah Tertimpa Longsor, Warga Banjarnegara Mengungsi di Malam Tahun Baru

Rabu, 01 Januari 2020 - 00:16 WIB
Rumah Tertimpa Longsor, Warga Banjarnegara Mengungsi di Malam Tahun Baru
Rumah di Desa Lengkong, Kecamatan Rakit, Banjarnegara rusak tertimpa longsor, Selasa (31/12/2019) petang. FOTO/iNews/ELIS NOVIT
A A A
BANJARNEGARA - Hujan lebat yang mengguyur Kabupaten Banjarnegara menyebabkan tebing setinggi 10 meter dan panjang 7 meter longsor, Selasa (31/12/2019) petang. Material longsoran menimpa rumah Pardi (30), warga Desa Lengkong, Kecamatan Rakit membuat dinding jebol dan atap ambruk. Akibatnya, pemilik rumah mengungsi ke rumah keluarganya.

Ketua Pelaksana Harian BPBD Banjarnegara Arief Rachman sudah menerjunkan tim untuk melakukan evakuasi dan pembersihan material.

"Kejadian longsor terjadi di Lengkong akibat kondisi tanah yang labil ditambah intensitas hujan yang tinggi. Kami bersama tim gabungan sudah berada di lokasi untuk membantu warga lakukan evakuasi dan pembersihan material," kata Arief.

Kondisi tebing yang masih labil juga mengakibatkan 1 rumah yang berada di area tebing milik Harsono (60) terancam. Karena itu, satu KK dengan jumlah 3 jiwa diungsikan ke tempat aman.

BPBD mengimbau kepada warga yang berada di area zona bahaya rawan longsor waspada jika intensitas hujan tinggi lebih dari 5 jam. Warga harus menjauhi area tebing.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9502 seconds (0.1#10.140)