Petir Rusak Jaringan Listrik Hunian Tetap Lereng Merapi

Selasa, 31 Desember 2019 - 23:58 WIB
Petir Rusak Jaringan Listrik Hunian Tetap Lereng Merapi
Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Sleman melakukan pengondisian wilayah setelah puluh pohon tumbang akibat diterjang hujan angin, Selasa (31/12/2019). FOTO/DOK.BPBD SLEMAN
A A A
SLEMAN - Hujan disertai petir dan angin kencang yang melanda Sleman, Selasa (31/12/2019) petang, menyebabkan beberapa pohon tumbang dan merusak jaringan listrik.

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman mencatat, pohon tumbang terjadi di tiga titik yang tersebar di tiga kecamatan, yaitu Cangkringan, Ngemplak, dan Gamping. Sedangkan petir terjadi di Kecamatan Cangkringan, tepatnya di hunian tetap (huntap) Plosokerep, Umbulharjo, Cangkringan.

Pohon tumbang ada di Ngentak, Wukirsari, Cangkringan dan Nyamplung Lor, Balecatur, Gamping. Di kedua lokasi ini pohon tumbang menimpa dan merusak rumah warga serta di Kejambonlor, Sindumartani, Ngemplak, pohon tumbang menimpa atap parkiran pasar, jaringan listrik dan ke sungai.

Sedangkan petir menyambar jaringan listrik PLN dan kandang ayam di hunian tetap Plosokerep, Umbulharjo, Cangkringan, sehingga menyebabkan listrik padam dan 14 ekor ayam kampung mati.

"Itu data yang kami terima sampai pukul 20.30 WIB," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman, Makwan, Selasa (31/12/2019) malam.

Makwan menjelaskan, untuk mengkondisikan situasi, tim reaksi cepat (TRC) BPBD Sleman bersama relawan dan masyarakat melakukan assesment dan pembersihan pohon-pohon, baik yangmenimpa rumah dan maupun masuk sungai. Untuk jaringan listrik ditangani petugas PLN unit Kalasan.

"Dari laporan pohon yang menimpa rumah warga Ngentak, Wukirsari, Cangkringan dan atap parkir pasar Kejambonlor, Sindumartaini, Ngempak sudah terkondisi. Pohon yang menimpa rumah warga Nyamplung Lor, Balecatur dan jaringan listrik PLN sedang dalam proses. Untuk pohon yang ke sungai akan dikondisikan sendiri oleh pemiliknya," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.7264 seconds (0.1#10.140)