alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Belum Resmikan Bandara YIA, Jokowi Tunggu Pekerjaan Rampung 100%

kuntadi
Belum Resmikan Bandara YIA, Jokowi Tunggu Pekerjaan Rampung 100%
Peresmian Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kabupaten Kulonprogo masih menunggu pekerjaan selesai 100%. FOTO/iNews/KUNTADI

KULONPROGO - Peresmian Bandara Internasional Yogyakarta (Yogyakarta International Airport/YIA) di Kabupaten Kulonprogo masih menunggu pekerjaan selesai 100%. Presiden Joko Widodo rencananya meresmikan Bandara YIA pada pertengahan 2020 mendatang.

"Kita masih tunggu selesai 100%," kata Jokowi usai meresmikan Bendung Kamijoro di Dusun Kaliwiru, Desa Tuksono, Sentolo, Kulonprogo, Selasa (31/12/2019). Menurut presiden, peresmian YIA tidak perlu tergesa-gesa. Yang terpenting saat ini bandara sudah beroperasi.

Bandara YIA nantinya diintegrasikan dengan jalur kereta api. Kementerian Perhubungan bersama PT KAI saat ini telah melakukan pembebasan lahan untuk trase dari Stasiun Kedundang, Temon sampai ke Bandara YIA. Proses pembebasan lahan sudah selesai dan tinggal konstruksi pembangunan.



"Secepatnya saja, tidak perlu batas waktu. Mungkin pertengahan (tahun)," katanya.

Sementara itu, Sekda Kulonprogo, Astungkoro mengatakan, proses pembangunan bandara diharapkan selesai dan full operasional pada April mendatang. Mulai Januari akan ada pemindahan penerbangan dari Adisutjipto, Yogyakarta ke bandara YIA.

"Rencananya peresmian bandara pada bulan April," kata Astungkoro.

Sedianya, peresmian Bendung Kamijoro ini akan dirangkai dengan peresmian underpass sepanjang 1,4 kilometer di areal bandara. Namun rencana ini dibatalkan, dan peresmian underpass akan dibarengkan dengan peresmian bandara. "Besok April itu dibarengkan peresmian bandara sekaligus underpass," kata Astungkoro.

Saat ini pembangunan bandara YIA sudah mencapai 90%. Pembangunan tinggal menyelesaikan terminal domestik di lantai tiga. Sedangkan penerbangan saat ini menggunakan terminal internasional. Selain itu, pembangunan juga masih menyelesaikan jalan layang sampai di terminal.



(amm)