Presiden Jokowi Resmikan Bendung Kamijoro di Kulonprogo

Selasa, 31 Desember 2019 - 16:51 WIB
Presiden Jokowi Resmikan Bendung Kamijoro di Kulonprogo
Presiden Joko Widodo meresmikan Bendung Kamijoro yang terletak di Dusun Kaliwiru, Desa Tuksono, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulonprogo, Selasa (31/12/2019). FOTO/iNews/KUNTADI
A A A
KULONPROGO - Presiden Joko Widodo meresmikan Bendung Kamijoro yang terletak di Dusun Kaliwiru, Desa Tuksono, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulonprogo, Selasa (31/12/2019). Bendungan ini bisa memenuhi kebutuhan irigasi pertanian seluas 2.370 hektare serta air bersih di tiga kabupaten di DIY, termasuk Bandara Internasional Yogyakarta (YIA).

"Ini bisa untuk air baku di bandara (YIA)," kata Presiden Jokowi usai meresmikan Bendung Kamijoro. Nantinya akan dibangun water treatment untuk memenuhi air baku ke YIA.

Selain memenuhi kebutuhan bandara, air dari Sungai Progo ini nantinya diolah untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat di tiga kabupaten di DIY, yakni Bantul, Kulonprogo, dan Kota Yogyakarta, termasuk untuk kawasan industri Sentolo.

"Ini juga untuk air bersih di Kulonprogo, Bantul, dan Yogya," ujar Jokowi.

Bendung Kamijoro saat ini telah bisa memenuhi kebutuhan air untuk irigasi pertanian seluas 2.370 hektare di wilayah suplesi daerah irigasi Pijenan, Bantul. Debit air untuk irigasi sudah mencapai 2,5 meter kubik per detik.

Bendung Kamijoro diharapkan bisa menjadi destinasi wisata di Kulonprogo dan Bantul. Sejak pembangunan selesai, wisatawan sudah banyak yang datang. Bahkan masyarakat bisa mendapatkan multiplier effect atas kehadiran bendungan ini. Kontribusi dari parkir kendaraan bisa mencapai Rp17 juta.

"Semoga masyarakat bisa lebih sejahtera," kata Jokowi.

Presiden mengajak kepada semua pihak untuk ikut merawat kelestarian Bendung Kamijoro. Salah satunya menjaga daerah rawan terhadap endapan (sedimentasi). Jika ada sedimentasi, maka harus dilakukan pengerukan agar kedalaman tetap terjaga dengan baik.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2802 seconds (0.1#10.140)