alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

AeroPay.app, Padukan Teknologi dengan Kearifan Lokal

Ainun Najib
AeroPay.app, Padukan Teknologi dengan Kearifan Lokal
Acara soft launching aplikasi AeroPay.app di Westlake Resto, Sleman, Selasa (5/2/2019) malam. Aplikasi ini menyediakan semua kebutuhan pelanggan. FOTO/SINDOnews/AINUN NADJIB

YOGYAKARTA - Aplikasi yang mengombinasikan kecanggihan teknologi dengan kearifan lokal segera hadir di Yogyakarta. Aplikasi yang digagas sejumlah anak muda dari Yogya ini akan memberikan berbagai kemudahan bagi penggunanya. Mulai dari pesan paket wisata, layanan dokumen hingga kesehatan ada dalam satu aplikasi.

"Aplikasi ini kita desain layaknya personal assistant. Apapun kebutuhan kita ada di sini," kata Ardon Ardianto, Branc Head  PT Mitra Indo Cusltancy saat soft opening aplikasi AeroPay.app di Westlake Resto, Sleman, Selasa (5/2/2019) malam.

Ardon menyebut AeroPay.app memberikan layanan tours, accomodation, services, dan masih banyak lagi layanan yang bisa didapatkan. Paket Tour memberikan berbagai kemudahan pelanggan untuk mendapatkan layanan tour keluarga maupun rombongan besar.



Berbeda dengan layanan tur aplikasi yang lain, AeroPay.app memberikan layanan paket wisata khusus yang berbasis kearifan lokal seperti Kedung Jati di Grobogan, Jawa Tengah. Di tempat itu, wistawan bisa menikmati bagunan peninggalan Belanda, stasiun kereta api yang pertama dan sonde (petilasan) Sunan Kalijaga sebagai local wisdom dan kuliner lokal. "Ada juga Sugar Factory di Surakarta," tambah Ardon.

Untuk sementara AeroPay.app akan melayani paket wisata di Yogyakarta, Bali dan Lombok. Selain paket wisata, aplikasi ini juga bergerak di bidang services. Yakni membantu pengurusan visa, paspor bagi wisatawan asing maupun kebutuhan dokumen bagi perusahan-perusahan asing di Indonesia.

"Kita juga melayani jasa transportasi wisatawan. Berbeda dengan yang lain kita sudah tidak gunakan tisu di dalam bus, tapi handuk basah atau kering. Kita juga sudah tidak memakai botol plastik untuk minuman," katanya.

Ke depan AeroPay.app ini juga akan menyediakan layanan kesehatan kebugaraan dan lain sebagainya. "Intinya kita akan menyediakan semua kebutuhan layanan dalam satu aplikasi. Ini sesuai dengan tagline kita all you need," ujarnya.

Penasehat PT Mitra Indo Cusltancy dalam proyek AeroPay.app, Lutfi Heyder menyebut aplikasi ini menggabungkan kecanggihan teknologi dengan kearifan lokal. Berbagai layanan akan tersedia dalam aplikasi ini. "Kita kedepankan kecanggihan teknologi yang digabung dengan kearifan lokal," katanya.

Aplikasi yang secara resmi akan di-launching pada 1 Maret 2019 ini juga menyediakan layanan ke-Imigrasian bagi wisatawan asing. "Ini didasarkan pengalaman tidak menyenangkan keluarga saya saat mengurus visa menggunakan pihak ketiga. Untuk itu kita akan berikan layanan yang transparan dan profesional. Pelanggan akan tahu di mana posisi paspornya, sampai di mana pengurusan dokumennya dan lain sebagainya," katanya.

Tak hanya itu Aeropay.Aapp juga siap membantu perusahaan dari luar negeri yang akan berinvestasi di Indonesia. "Investor tinggal tidur dengan nyaman. Dokumen kita yang urus. Tinggal klik aplikasi AeroPay.app semua beres," katanya.



(AMM)

loading...