alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kala Jokowi Bersepeda Pakai Topi Kompeni di Kota Lama

Taufik Budi
Kala Jokowi Bersepeda Pakai Topi Kompeni di Kota Lama
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat melakuan kunjungan ke Semarang. FOTO : iNews.tv/taufik Budi

SEMARANG - Ada pemandangan menarik saat kunjungan kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Kota Semarang Jawa Tengah, Senin 30 Desember. Usai menyaksikan proses pembangunan Pasar Johar, Jokowi didampingi sejumlah menteri bersepeda ke kawasan Kota Lama.

Jokowi dengan pakaian khasnya berupa kemeja putih dengan lengan yang dilipat, memilih sederet sepeda di pelataran Pasar Johar. Semula terlihat Jokowi hendak menaiki sepeda lipat (seli) sambil sedikit berbincang dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Namun, Jokowi berlalu dan mendapati sepeda tua lengkap dengan topi bundar ala Kompeni. Setelah mengenakan topi tersebut, Jokowi mengamati sekeliling. Di samping tampak Menkeu Sri Mulyani dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi sibuk berpose untuk diabadikan gambarnya.



Lantas, Jokowi menaiki sepeda dan mendapat sambutan luar biasa ramai dari ratusan warga yang sudah menunggu sejak pagi. Seketika mereka merangsek pengamanan ketat Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Jokowi tampaknya mengerti keinginan warga. Dia pun mengarahkan sepedanya menuju kerumunan warga.

Setelah melayani permintaan warga untuk bersalaman dan berselfie, Jokowi mengayuh sepeda ke Kota Lama. Di belakangnya terdapat jajaran menteri, yakni Menteri seperti Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio.

Tampak pula Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen serta Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dan Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu.

Mereka menggowes sepeda menyusuri jalan-jalan di Kota Lama. Rombongan presiden juga mengunjungi objek wisata Rumah Akar yang sempat trending di media sosial. Selain itu juga singgah ke Gedung Oudetrap, Gereja Blenduk, dan Galeri UKM Kota Semarang.



(nun)