Sambut Tahun 2020, Bandara Adisutjipto Gelar Kirab Kereta Kencana

Selasa, 31 Desember 2019 - 13:29 WIB
Sambut Tahun 2020, Bandara Adisutjipto Gelar Kirab Kereta Kencana
PT AP 1 Bandara Internasional Adisutjipto menggelar kirab kereta kencana, Selasa (31/12/2019). FOTO : SINDOnews/PRiyo Setyawan
A A A
YOGYAKARTA - PT Angkasa Pura (AP) I Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta menyambut tahun 2020 menggelar kirab kereta kencana Adisutjipto, Selasa (31/12/2019).

Kirab diawali dari Terminal A Bandara Internasional Adisutjipto menuju pertigaan Jalan Yogya-Solo ke barat pertigaan Maguwo-berputar ke kanan Jalan Yogya-Solo dan kembali ke Bandara Internasional Adisutjipto.

Kirab kereta kencana Adisutjipto ini sebagai agenda rutin menjelang akhir tahun yang dilaksanakan sejak tahun 2017. Sehingga tahun 2019 ini merupakan penyelenggaraan yang ke-3.

General Manager (GM) PT AP 1 Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta, Agus Pandu Purnama mengatakan kirab kereta kencana Adisutjipto ini merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan 31 Desember atau menjelang pergantian tahun sekaligus untuk menjaga budaya lokal.

“Sejak awal kami berkomitmen berada di belakang sebagai pelestari budaya lokal. Kereta kencana Adisutjipto sendiri pemberian Gusti Yudho sebagai ikon bandara,” kata Agus Pandu Purnama, Selasa (31/12/2019).

Pandu menjelaskan pelestarian budaya ini penting sebab dengan adanya Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulonprogo yang berkapasitas 25 juta penumpang per tahun Yogyakarta sebagai destinasi utama wisata Indonesia tentunya akan banyak dikunjungi wisatawan, baik wisatawan nusantara dan mancanegara. Sehingga budaya lokal tetap harus dijaga dan dilestarikan.

“Kirab ini untuk mendukung pelestarian budaya lokal sekaligus ingin menularkan kepada masyarakat, bahwa kita harus cinta budaya lokal. Juga untuk meningkatan jumlah kunjungan ke Yogyakarta dan Indonesia umumnya,” paparnya.

Mengenai mengapa memilih momentum menjelang pergantian tahun, menurut Pandu ada dua alasan. Pertama saat pergantian tahun merupakan puncak penumpang (peak season) di Bandara Internasional Adisutjipto. Kedua pergantian tahun menjadi semangat untuk lebih maju, inovasi dan kreatif.

“Hal lainnya, karena kereta ini merupakan ikon kraton. Sehingga memberikan kesempatan kepada penguna jasa penerbangan di Bandara Internasional Adisutjipto untuk dapat melihat langsung kereta kencana. Sebab belum tentu mereka dapat melihat kerata kencana yang ada di kraton Yogyakarta,” ungkapnya.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.6321 seconds (0.1#10.140)