2020, Pasar Johar Heritage-Alun-Alun Semarang Siap Digunakan

Selasa, 31 Desember 2019 - 08:21 WIB
2020, Pasar Johar Heritage-Alun-Alun Semarang Siap Digunakan
Presiden Jokowi dan sejumlah menteri saat meninjau alun -alun Semarang, Senin (30/12/2019).FOTO :SINDOnews /ahmad antoni
A A A
SEMARANG - Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi memastikan apabila revitalisasi Pasar Johar Heritage atau cagar budaya sudah selesai dan dapat menampung 1.500 pedagang. Pasar Johar Heritage nantinya akan diresmikan oleh Presiden Jokowi karena pembiayaan bangunan cagar budaya itu sendiri menggunakan dana APBN.

Untuk pemanfaatan Pasar Johar, pihaknya menyerahkan kembali kepada kesepakatan antara pedagang relokasi yang saat ini berada di kawasan MAJT. “Pasca kebakaran itu kan konstruksinya tidak sesuai dengan konstruksi saat awal dibangun sehingga kapasitas pedagang tidak semua bisa tertampung. Sekarang pertanyaannya apakah menunggu semuanya pindah ? atau yang 60% itu mau pindah dan yang sisanya nanti menunggu dibangun ?” tegas wali kota yang akrab disapa Hendi ini,Senin(30/12/2019).

Menurutnya, para pedagang memiliki dua opsi. Opsi pertama berpindah semua secara serentak, atau opsi kedua menggunakan sistem undian, dimana pedagang yang belum mendapat tempat dengan jumlah kurang lebih 1.000 pedagang menunggu pembangunan blok pasar baru. “Jadi saya tinggal mengambil kesepakatan para pedagang, 40% nya akan dibangunkan lagi dekat sini.” ujarnya.

Di sisi lain, terkait progres Alun – alun Kota Semarang, dia mengatakan bahwa pembangunannya telah rampung, namun harus serah terima dengan kontraktor yang mengerjakan terlebih dahulu untuk bisa digunakan. Mengusung desain ruang terbuka modern, revitalisasi alun-alun yang menelan dana hingga 80 miliar itu diharapkan sudah dapat dipergunakan tahun depan. Hendi optimis Alun – Alun Kota Semarang lengkap dengan basementnya dapat segera dipergunakan bagi 200 pedagang dan parkir sepeda motor.

Dia pun berharap dengan mengembalikan konsep alun-alun seperti dahulu, akan ada banyak aktifitas warga di alun-alun tersebut. “Ini kan sudah selesai, tapi belum serah terima sama kontraktor, nanti setelah terima langsung dipakai saja.” ujar orang nomor satu di Kota Semarang ini.

“Apalagi tekstur untuk lantainya itu kan sudah disiapkan dengan baik menghadap kiblat, sehingga nanti saat sholat Idul Fitri, Idul Adha atau hari raya besar lainnya, Masjid Kauman bisa memakai alun-alun ini untuk sholat berjamaah,” imbuhnya.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3783 seconds (0.1#10.140)