100 Offroader Bakal Unjuk Gigi di Pemalang Soda Racing

Senin, 30 Desember 2019 - 12:06 WIB
100 Offroader Bakal Unjuk Gigi di Pemalang Soda Racing
Kejuaraan offroad, Pemalang Soda Racing bakal digelar di Sirkuit Benowo Park, Penggarit, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang, Sabtu-Minggu (18-19/1/2020) mendatang. FOTO/IST
A A A
PEMALANG - Kejuaraan offroad, Pemalang Soda Racing bakal digelar di Sirkuit Benowo Park, Penggarit, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang, Sabtu-Minggu (18-19/1/2020) mendatang. Sebanyak 100 offroader dari seluruh penjuru Indonesia bakal unjuk gigi dalam even tersebut.

Akhmad Fatah, Ketua Pelaksana Pemalang Soda Racing, mengungkapkan, saat ini jumlah pendaftar telah mencapai 60 orang yang berasal dari berbagai daerah. Seperti Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Jakarta, Banten, kota-kota di sekitar Bali, Kalimantan, Sumatera Lampung, dan sebagainya. Ahmad memerkirakan jumlah peserta akan terus bertambah dan mencapai 90-100 orang sampai hari pelaksanaan lomba.

"Bakal seru karena offroader papan atas sudah menyatakan siap turun gelanggang ke Pemalang," kata Fatah dalam keterangan pers kepada awak media, Senin (30/12/2019).

Ketua Pengurus Cabang (Pengcab) Indonesian Offroad Federation (IOF) Kabupaten Pemalang, Heru Kundhimiarso berharap kehadiran offroader papan atas nasional akan membawa kebangkitan offroader Pemalang agar berani tampil di pentas nasional.

"Dengan adanya event ini diharapkan offroader Pemalang bisa belajar banyak dan menimba pengalaman. Sehingga nantinya offroader Pemalang bisa diperhitungkan lagi di dunia kompetisi adventure offroad nasional," katanya.

Lokasi lomba yang digunakan adalah Sirkuit Benowo Park, sekitar 3 kilometer dari Pusat Kota Pemalang. Perlombaan menggunakan Regulasi IOF dengan total lima SS. "Hari Sabtu akan dimainkan 3 SS sekaligus dan Minggu 2 SS sekaligus," kata pimpinan lomba Pemalang Soda Racing, Asnan Tengil.

Pemalang Soda Racing merupakan hasil kerja sama Pemkab Pemalang, IOF, dan Puskapik Production. Even ini juga bagian dari rangkaian perayaan Hari Jadi Kabupaten Pemalang ke-445 yang memperebutkan Piala Bupati dengan total hadiah uang puluhan juta rupiah.

Pemkab Pemalang sangat mendukung kegiatan ini terbukti hampir semua instansi dilibatkan, termasuk dari Kodim dan Polres. Event offroad dinilai mempunyai dampak positif untuk perkembangan wisata kreatif daerah.

"Pemalang Soda Racing akan jadi agenda tahunan dan skala even dibuat lebih besar lagi. Untuk even kali ini, rencananya juga akan menjadi event Kejuaraan Daerah (Kejurda) Offroad Competition seri pertama," kata Kundhi.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2333 seconds (0.1#10.140)