Amerika Serang Basis Milisi Syiah di Irak

Senin, 30 Desember 2019 - 07:54 WIB
Amerika Serang Basis Milisi Syiah di Irak
Ilustrasi jet tempur F-15 milik AS. FOTO/Reuters
A A A
BAGHDAD - Basis milisi Kataib Hezbollah di Irak dan Suriah diserbu oleh Amerika Serikat (AS). AS melancarkan serangan udara pada Minggu (29/12) sebagai balasan atas terbunuhnya seorang kontraktor sipil AS akibat serangan roket di pangkalan militer Irak.

Seperti dilaporkan Al Arabiya, sumber-sumber keamanan dan milisi Irak mengatakan, sedikitnya 18 pejuang milisi tewas dan lebih dari 50 lainnya cedera, setelah tiga serangan udara dilancarkan AS di Irak pada akhir pekan lalu.

“Paling tidak empat komandan lokal Kataib Hezbollah termasuk di antara yang tewas,” kata seorang sumber. Ia menambahkan, bahwa salah satu serangan telah menargetkan markas kelompok milisi di dekat distrik Qaim barat, di perbatasan Irak dengan Suriah.

Sementara itu, Pentagon menyatakan telah menargetkan tiga lokasi kelompok milisi Syiah yang didukung Iran di Irak dan dua di Suriah. Lokasi-lokasi itu termasuk fasilitas penyimpanan senjata dan lokasi komando dan kontrol yang digunakan kelompok itu untuk merencanakan dan melakukan serangan terhadap pasukan koalisi.

Seorang pejabat AS, berbicara dengan syarat anonim, mengatakan serangan itu dilakukan oleh jet tempur F-15. Jurubicara Departemen Pertahanan AS Jonathan Hoffman dalam sebuah pernyataan menuturkan, pasukan AS melakukan "serangan pertahanan presisi" terhadap lima lokasi Kataib Hezbollah atau Brigade Hezbollah, kelompok milisi Irak yang didukung Iran.

"Menanggapi serangan Kataib Hizbollah (KH) yang diulangi di pangkalan Irak yang menjadi tuan rumah pasukan koalisi Operation Inherent Resolve (OIR), pasukan AS telah melakukan serangan defensif yang presisi, yang akan menurunkan kemampuan KH untuk melakukan serangan di masa depan terhadap pasukan koalisi OIR," jelas kata Hoffman.

Departemen Pertahanan AS tidak memberikan rincian tentang bagaimana serangan balasan itu dilancarkan. Awal bulan ini, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo menyalahkan kelompok militan yang didukung Iran atas serangkaian serangan di pangkalan-pangkalan AS di Irak. Ia juga memperingatkan Iran, bahwa setiap serangan oleh Teheran atau proksi yang membahayakan AS atau sekutunya, akan "dijawab dengan respons AS yang tegas."
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.4058 seconds (0.1#10.140)