Puting Beliung Rusak Lima Rumah di Kulonprogo

Minggu, 29 Desember 2019 - 15:52 WIB
Puting Beliung Rusak Lima Rumah di Kulonprogo
Warga membereskan pecahan genteng akibat tertimpa pohon tumbang usai puting beliung yang menerjang Girimulyo, Kulonprogo, Sabtu (28/12/2019). (Foto: iNews/Budi Utomo)
A A A
KULONPROGO - Sejumlah pohon tumbang dan lima rumah rusak saat angin puting beliung menerjang dua kecematan di Kulonprogo, Sabtu (28/12/2019).

Kejadian paling parah terjadi di Dusun Kembang, Girimulyo, Kulonprogo. Tiga rumah mengalami rusak parah akibat tertimpa pohon sengon setinggi 20 meter usai puting beliung menerjang.

Pemilik salah satu rumah, Trisno Pawiro dibantu warga bekerja sama membersihkan puing genteng dan atap yang berserakan di dalam rumah. Dia dan keluarga saat ini harus mengungsi dan memindahkan sejumlah barang ke tempat kerabat karena rumahnya sudah beratapkan langit.

Saksi mata sekaligus Ketua RT setempat, Sumarno mengatakan kejadian itu diawali dari hujan lebat yang menerjang kawasan itu sekitar pukul 13.30 WIB. Lalu sekitar pukul 14.00 WIB angin kencang juga menerjang.

“Angin pertama dari utara ke selatan menyebabkan satu pohon tumbang. Lalu angin kedua menyebabkan satu pohon tumbang ke timur dan menimpa rumah Pak Trisno, Anginnya muter,” katanya.

Kejadian itu membuat keadaan sempat mencekam. Keluarga korban berteriak dan meminta pertolongan tetangga. Warga pun berdatangan dan menyelamatkan korban serta keluarga.

Keluarga korban mengaku mendengar suara gemuruh keras saat puting beliung dan hujan deras menerjang. “Saat itu mertua saya yang sedang solat tiba-tiba teriak, sempat tertimpa beberapa genteng. Saya dan keluarga lari minta tolong suami saya yang ada di rumah tetangga. Saat dilihat rumah sudah tertimpa pohon,” kata Winarsih.

Akibat kejadian itu kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah. Atap rumah korban pun mengalami rusak parah akibat tertimpa pohon.

Sementara itu satu rumah mengalami kerusakan akibat pohon tumbang di Jatimulyo, Kulonprogo. Pohon tumbang itu merusak bagian kamar dan dapur. Kasus pohon tumbang juga terjadi di saat yang sama di Desa Hargotirto, Kokap, Kulonprogo menimpa rumah warga bernama Rebyah.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.6936 seconds (0.1#10.140)