Kirab 192 Gunungan Ramaikan Festival Kampung Sawah di Semarang

Minggu, 29 Desember 2019 - 14:58 WIB
Kirab 192 Gunungan Ramaikan Festival Kampung Sawah di Semarang
Ribuan warga mengarak 192 gunungan hasil bumi dalam Kirab Budaya mengawali Festival Kampung Sawah di Mijen, Semarang, Minggu (29/12/2019). FOTO : SINDOnews/Ahmad Antoni
A A A
SEMARANG - Ribuan warga tumpah ruah menyaksikan perhelatan Festival Kampung Sawah di Mijen, Semarang, Minggu (29/12/2019). Mereka tampak antusias menyambut festival yang diawali dengan kirab gunungan.

Sebanyak 192 gunungan hasil bumi (buah dan sayuran) diarak oleh ribuan warga dari Lapangan Jatisari menuju area belakang kelurahan Tambangan hingga area kampung sawah, Mijen. Di tempat itu, mereka saling berebut untuk mengambil berbagai buah dan sayuran yang menghiasi gunungan.

Selain kirab gunungan, Festival Kampung Sawah juga diramaikan dengan beragam kegiatan diantaranya, lomba tangkap bebek lumpur, tarik tambang lumpur, karapan kerbau hingga fashion show di sawah.

Camat Mijen. Moh Agus Junaidi mengatakan, Festival Kampung Sawah ini merupakan kegiatan yang bertemakan pedesaan yang bertujuan untuk melestarikan beragam budaya kearifan lokal di Kecamatan Mijen.

“Kearifan lokal yang ada di kecamatan Mijen saat ini perlu ditampilkan. Salah satunya melalui festival kampung saya sebagai upaya melestarikan budaya lokal di tengah perkembangan zaman yang maju ini.
kata Agus.

Dia menambahkan, Festival Kampung Sawah tahun ini ditampilkan dalam skala kota maupun nasional agar kearifan lokal ini tidak tenggelam di tengah perkembangan zaman yang semakin modern. “Selain memberdayakan SDM (sumber daya manusia) dan perekonomian masyarakat Mijen. Festival ini diharapkan bisa menjadi daya tarik wisatawan,” ujarnya.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.9467 seconds (0.1#10.140)