Api Lumat 5 Lantai Gedung Proyek Hotel Tentrem, Ini Dugaan Penyebabnya

Sabtu, 28 Desember 2019 - 12:50 WIB
Api Lumat 5 Lantai Gedung Proyek Hotel Tentrem, Ini Dugaan Penyebabnya
Lima lantai gedung proyek Hotel Tentrem Semarang dilalap si jago merah. FOTO/iNews/TAUFIK BUDI
A A A
SEMARANG - Lima lantai gedung proyek Hotel Tentrem Semarang dilalap si jago merah. Polisi masih mendalami kasus kebakaran yang menggegerkan warga pada Sabtu (28/12/2019) dini hari tadi.

"Kebakaran diketahui pukul 04.00 WIB di lantai 8 asal apinya, tapi karena banyak bahan yang mudah terbakar seperti kayu, partisi sehingga panasnya merambat ke lantai 6 sampai lantai 10. Berarti 6, 7, 8, 9, 10," kata Kepala Bidang Operasional dan Penyelamatan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang, Tri Joto.

Dia mengatakan, proyek pembangunan hotel itu masih rancang bangun sehingga belum dilengkapi sistem proteksi yang memadai. Saat kejadian gedung juga tak ada aktivitas, karena pekerja masih libur Natal dan Tahun Baru.(Baca Juga: Proyek Pembangunan Hotel Tentrem Semarang Terbakar)

"Kebetulan di situ juga masih rancang bangun, tentunya untuk sistem proteksi kebakaran juga belum bersedia. Tapi saya lihat tadi ada beberapa Apar (alat pemadam api ringan) yang digunakan meskipun itu tidak mampu (memadamkan)," katanya.

"Kebetulan itu karyawannya lagi libur, belum bekerja, artinya kosong. Kalau dugaan sementara (penyebab kebakaran) yaitu dari korsleting listrik," katanya.

Menurutnya, masih banyak material bangunan yang belum terpasang dan mudah tersulut api. Saat kejadian polisi juga turut ke lokasi, termasuk melalukan olah tempat kejadian perkara.

"Yang terbakar partisi, sekat-sekat hotel, kayu, peredam hotel, kemudian seng-seng untuk AC, itu masih di bawah (lantaig semua. Itu mudah sekali terbakar. Dan material tiap lantai dari yang terbakar itu habis," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2025 seconds (0.1#10.140)