Video Musik Smells Like Teen Spirit Ditonton 1 Miliar Kali di YouTube

Sabtu, 28 Desember 2019 - 11:30 WIB
Video Musik Smells Like Teen Spirit Ditonton 1 Miliar Kali di YouTube
Video musik Smells Like Teen Spirit milik Nirvana, secara resmi menembus angka 1 juta view di YouTube pada 26 Desember lalu. FOTO/YOUTUBE
A A A
JAKARTA - Tidak banyak video musik di era 1990-an yang mampu menembus angka 1 miliar view di YouTube. Setidaknya, baru 1 video musik yang menembus angka tersebut, yakni milik Guns N Roses.

Namun, kini, Guns N Roses punya teman. Pada 26 Desember lalu, video musik Smells Like Teen Spirit milik Nirvana, secara resmi menembus angka 1 juta view di YouTube. Lagu hit milik band asal Seattle itu dirilis pada 27 Agustus 1991. Video musik lagu ini memamnpilkan band itu sedang tampil memainkan musik untuk skuad cheerleader SMA yang sangat bersemangat.

Di YouTube, video ini baru diunggah pada 16 Juni 2009. Di era sebelumnya, video ini sudah sering tampil wara wiri di televisi. Video musik Smells Like Teen Spirit debut di program alternative rock 120 Minutes di MTV pada 1991. Video ini pun menjadi sangat populer sampai channel televisi itu mulai menayangkannya di rotasi reguler mereka. MTV juga memasukkan video itu ke Buzz Bin pada Oktober dan tetap ada di situ sampai Desember.

Smells Like Teen Spirit adalah salah satu lagu dari album Nevermind. Dari album itu, setidaknya ada tiga hit lagi yang ditelurkan Nirvana, yaitu Come As You Are, Lithium dan In Bloom. Album itu berada di puncak tangga album di seluruh dunia dan terjual lebih dari 30 juta kopi.

Menurut Blabbermouth, Nevermind menjadi lebih dari sebuah album yang sukses dan berpengaruh sepanjang masa. Album itu mengembalikan integritas dan hasrat rock n roll ke puncak tangga dan terus menjadi inspirasi tunggal bagi para penggemar dan musisi lain dalam 30 tahun terakhir dan masa mendatang. Bertahun-tahun, album ini dianggap membunuh hair metal atau glam rock.

“Itu adalah album yang hebat. Itu akan menjadi hit kapan saja dirilisnya. Tapi, pada saat yang sama, waktunya mmang tempat bagi aksi superstar seperti Nirvana. Album itu muncul di akhir lonceng kematian hair metal dan dunia berteriak untuk musik rock yang penuh arti lagi. Dan, waktunya bagi generasi baru yang menginginkan sebuah suara yang juga ideal. Itu terjadi sehingga semuanya datang bersamaan di saat yang temapt ketika rock butuh revolusi, kata penulis Heavier than Heaven—biografi frontman Nirvana, Kurt Cobain—Charles R Cross, kepada today.com.

Awal bulan ini, YouTube mengungkap daftar video musiknya untuk tiap dekade dari 1980an—2010. Guns N Roses muncul dengan memuncaki daftar untuk 80an dan 90an berkat video Sweet Child O’Mine dan Novembe Rain. Kedua video itu meraup lebih dari 1 juta view. Smells Like Teen Spirit berada di posisi 2 sebagai video dari era 90an yang paling banyak ditonton setelah November Rain. Sementara, Numb dari Linkin Park adalah video kedua yang paling banyak ditonton pada era 2000an, dengan meraih lebih dari 1 miliar view.

(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0046 seconds (0.1#10.140)